Thursday, August 28, 2014

Apa Dampak Sinar Radiasi jika Salah Target?

Apa Dampak Sinar Radiasi jika Salah Target?RADIOTERAPI dengan menggunakan sinar laser merupakan teknologi yang sangat penting untuk membunuh sel-sel tumor pada pasien kanker. Karena itu, dalam penatalaksanaanya, sinar radiasi harus sesuai mencapai target karena memiliki sifat membunuh sel.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Guru Besar Bidang Fisika Medis FMIPA UI, Prof. DR. Djarwani Soeharso Soejoko, MS. Menurutnya, bila sinar radiasi sampai salah mencapai target, maka bisa berdampak pada jaringan lain yang sehat.

"Radiasi memiliki sifat membunuh sel-sel yang tidak sehat, tetapi jaringan-jaringan lain yang sehat juga bisa terkena dampaknya. Oleh karena itu, penggunaannya dapat bermanfaat tetapi harus hati-hati," ujarnya pada Konferensi Pers International Workshop on Modern Clinical Radiotherapy 2014 di RSCM, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014).

Sementara, Kepala Departemen Onkologi Radiasi, Soehartati Gondhowiardjo, MD, PhD, memberi contoh bila sinar radiasi sampai salah mencapai target pada kasus kanker payudara. Soehartati mengatakan bahwa bila sinar radiasi sampai salah mencapai target bisa mengakibatkan bagian payudara yang tidak terdapat sel tumor juga diangkat.

"Misalnya sinar radiasi ditargetkan untuk membunuh tumor di jaringan payudara yang terkena, itu tentu harus sesuai mencapai targetnya, karena kita tentu tidak ingin bagian payudara yang tidak terkena kanker juga ikut diangkat," jelasnya.

Kemudian, contoh lain coba digambarkan oleh Dr David Djajaputra, AAPM pada kasus tumor di bagian tulang belakang. Dr David mengatakan bahwa bila sinar radiasi sampai tidak mencapai target, maka dapat mengakibatkan kelumpuhan.

"Misalnya kalau tumornya itu di tulang belakang, kalau radiasi sampai salah target maka jaringan lain bisa terputus dan menyebabkan kelumpuhan, oleh karena itu dibutuhkan teknologi," ungkapnya. (fik)

»

2 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment