Sunday, August 31, 2014

Kurang Gizi Sejak Batita, Tubuh Jadi Pendek

Kurang Gizi Sejak Batita, Tubuh Jadi Pendek  SEMBILAN bulan dan dua tahun pertama pascalahir, merupakan masa paling penting dalam kehidupan seorang anak. Pasalnya, masa tersebut menjadi penentu kehidupan mereka di masa mendatang.

Karenanya, ketika seorang anak berada di masa tersebut, yang harus dilakukan orangtua adalah memenuhi gizinya. Guru Besar Bidang Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Prof. Endang L. Achadi, MPH, Dr. PH mengatakan, bila terjadi kekurangan gizi pada masa tersebut dampaknya akan bersifat permanen

"Salah satu dampak jangka panjang kekurangan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan adalah stunting atau tubuh pendek," ujarnya pada talkshow "Seribu Hari yang Menentukan Masa Depan Bangsa" di Hyatt Regency, Jalan Palagan Tentara Pelajar, Yogyakarta, Sabtu (30/8/2014).

Stunting ternyata lebih banyak terjadi pada wanita. Bahkan. Menurut Prof Endang, hal ini didasarkan pada hasil studi Longitudinal Guatemala tahun 2008, di mana proporsi pendek lebih banyak pada perempuan ketika balita mereka stunting.

"Proporsi pendek 16 kali lebih banyak pada perempuan yang ketika usia 3 tahun sangat pendek, dibandingkan yang pendek ringan," tutup dia.
(nsa)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment