Monday, August 25, 2014

Wisatawan Italia & Spanyol Terancam DBD

Wisatawan Italia & Spanyol Terancam DBDPARA ahli mengingatkan bahwa destinasi liburan di Italia dan Spanyol bisa menjadi lokasi wabah demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, pemanasan global saat ini berdampak pada perubahan iklim yang cukup signifikan.

Dangue adalah infeksi virus yang disebarkan oleh nyamuk. Gejalanya termasuk flu parah, demam, sakit kepala, sakit otot, bintik-bintik merah di kulit, mual, dan muntah. Penyakit ini juga sering disebut demam breakbone karena rasa sakit luar biasa yang disebabkan infeksi tersebut.

"Studi kami menunjukkan bahwa risiko demam berdarah cenderung meningkat di Eropa akibat perubahan iklim, tetapi hampir semua risiko tersebut akan muncul di wilayah pesisir Mediterania, laut Adriatik, serta bagian timur laut Italia, khususnya Lembah Po," kata Prof Paun Hunter, pemimpin penelitian, seperti dikutip Dailymail, Senin (25/8/2014).

"Luasnya pengaruh demam berdarah tergantung pada beberapa faktor lain, beberapa di antaranya belum dapat kami jelasakan. Namun demikian, lembaga kesehatan masyarakat di daerah yang berisiko tinggi perlu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi laporan mengenai populasi nyamuk dan pengawasan klinis oleh dokter setempat. Kerjasama harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan peningkatan risiko oleh praktisi kesehatan dan masyarakat umum," terangnya. (Baca: Pertolongan pertama saat anak terserang DBD)

Pada Juli lalu, dinas kesehatan mengatakan bahwa jumlah wisatawan yang kembali ke Inggris dengan DBD meningkat. Antara 2012 dan 2013, tercatat kenaikan 58 persen per jumlah kasus DBD disumbangkan oleh wisatawan. Public Health England (PHE) mengatakan bahwa pada 2013, sejumlah 541 orang kembali ke Inggris dengan infeksi dari negara terjangkit DBD.

Kasus tersebut lebih besar dibanding tahun 2012, yakni 343 orang yang terinfeksi. Sebagian besar kasus dilaporkan dari wisatawan yang berkunjung ke India dan Thailand, dan PHE juga mencatat peningkatan kasus yang terkait perjalanan ke Barbados selama 2013. (Baca: Hidup Sehat & Bersih Kunci Sehat Bebas DBD)
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment