Wednesday, August 27, 2014

Prevalensi Hepatitis Tinggi, Vaksinasi Dinilai Belum Berhasil

Prevalensi Hepatitis Tinggi, Vaksinasi Dinilai Belum BerhasilSEJAK tahun 1987, program imunisasi hepatitis B sudah dilaksanakan di Lombok. Sepuluh tahun kemudian, 27 Provinsi lainnya mulai melakukan vaksinasi hepatitis B. Lalu, seberapa besar peran vaksinasi hepatitis B sejauh ini di Indonesia?
 
Spesialis Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Prof. DR. Dr. L. A. Lesmana, SpPD, KGEH mengatakan, penderita hepatitis B dan C di Indonesia mencapai 30 juta jiwa. Sebanyak 50 persen di antaranya, menderita penyakit hati kronis dan 10 persen mengalami kanker hati. Karena itu, vaksinasi hepatitis B sejauh ini dinilai belum berhasil.
 
?Soal vaksinasi saya kira kita masih belum, mungkin karena tinggi sekali angka pengidap hepatitis B di Indonesia, maka sampai saat ini kita belum melihat keberhasilan dari vaksinasi tersebut,? ungkapnya di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 26 Agustus 2014.
 
Dr Rino mengungkapkan bila untuk mengendalikan hepatitis B memang memerlukan waktu yang cukup lama. Apalagi jumlah penduduk Indonesia yang sangat padat. Selain itu, dalam setahun rata-rata terjadi 4-5 juta kelahiran, sehingga vaksinasi hepatitis B dampaknya belum signifikan.
 
?Memang diperlukan waktu yang cukup lama karena rakyat kita kan banyak. Setahun rata-rata ada 4 sampai 5 juta kelahiran, maka walaupun vaksinasi sudah berhasil menjangkau 60-70 persen, termasuk pada bayi-bayi yang baru lahir, dampaknya terhadap kasus-kasus yang berhubungan dengan infeksi hepatitis B sampai saat ini belum signifikan,? tuturnya. (Baca: Sakit di Lambung Belum Tentu Maag)
 
Lebih lanjut, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 menunjukkan bahwa prevalensi Hepatitis B di Indonesia sebesar 9,4% atau dianalogikan 1 diantara 10 penduduk Indonesia pernah terinfeksi Hepatitis B. Sementara, bila dikonversikan dengan jumlah penduduk, maka jumlah penderita Hepatitis B mencapai sekira 23 juta orang.
(fik)

»

2 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment