Wednesday, August 6, 2014

Makanan Sehat Penjaga Fungsi Otak (1)

Makanan Sehat Penjaga Fungsi Otak (1)TERNYATA fungsi otak kita perlu dijaga agar tetap optimal di usia tua. Ya, otak membutuhkan nutrisi yang baik agar bisa bekerja dengan baik.  
Dan untuk mendapatkan nutrisi itu, ada makanan tertentu yang bisa Anda jadikan referensi. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya seperti dilansir Healthmeup.
 
 
Asam lemak Omega-3
 
Asam lemak esensial omega-3 yang mudah ditemukan pada ikan liar ini bisa meningkatkan fungsi memori manusia, dan malah penting juga untuk fungsi tubuh, kata sebuah hasil penelitian. Peneliti dari university of pittsburgh sudah menentukan, orang dewasa muda berusia antara 18 dan 25 tahun bisa meningkatkan memori kerja lebih baik dengan meningkatkan mega-3 mereka. Caranya pun mudah, kita hanya perlu memilih ikan berlemak seperti ikan makarel, tuna, dan sarden. Dan jika Anda vegetarian, Anda memilih makanan sehat seperti biji rami, kacang kenari, biji labu, kacang merah, kedelai dan lain-lain. (Baca: Cegah HIV Melalui Pendekatan ABCD)
 
Kacang almond
 
Kacang almond mengandung sejumlah nutrisi sehat yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tetapi juga dikenal bisa untuk meningkatkan fungsi otak tertentu. Terlebih kacang almond adalah cukup kaya protein. Sehingga tidak hanya memberikan Anda dorongan energi, namun juga membantu perbaikan sel-sel otak. Tak ayal meningkatkan fungsi kognitif termasuk memori.
 
Batasi makanan kaya lemak jenuh
 
Makanan kaya lemak jenuh seperti es krim, daging merah, keju, mentega, susu merugikan fungsi kognitif dan mengurangi fungsi memori kita. Oleh karenanya, batasilah asupan itu agar otak Anda tetap sehat.
 
Gandum
 
Gandum dan beras merah mengandung vitamin B6 yang bisa memecah homocysteines, yang bertanggung jawab pada kerusakan mental. Selain itu gandum murni juga mengandung magnesium yang bisa meningkatkan fungsi kognitif. (Bersambung)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment