Saturday, June 21, 2014

Obat Herbal Bakal Jadi Pengobatan Primer

Obat Herbal Bakal Jadi Pengobatan PrimerPENGOBATAN konvesional telah berkembang pesat sesuai perkembangan teknologi. Namun, semakin berkembangnya pengobatan konvensional belum bisa menyelesaikan semua masalah kesehatan.

Seperti dikatakan oleh Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr Soetomo Surabaya, dr. Arijanto Jonosewojo, SpPD, FINASIM, beberapa penyakit sampai saat ini belum bisa disembuhkan dengan pengobatan konvesional, melainkan hanya terkontrol seperti diabetes ataupun hipertensi.

Oleh karena itu, menurut dr. Arijanto  saat ini pengobatan komplementari atau complementary medicine mulai dikembangkan. Bahkan, dr. Arijanto mengatakan bahwa pemerintah akan mengangkat pen gobatan komplementari menjadi pengobatan primer di Indonesia.

"Ini adalah program nasional dari Departemen Kesehatan, bahwa kita akan mengangkat obat herbal menjadi pengobatan primer di Indonesia," ujarnya dalam acara Natural Wellness Symposium SOHO Global Health di Ballroom Grand City,  Surabaya, Minggu (22/6/2014).

Namun, dr. Arijanto mengingatkan bahwa pengobatan komplementari pelaksanaannya harus tetap oleh dokter dan keamanannya sudah teruji oleh uji klinis. Selain itu, dr. Arijanto menegaskan bahwa kehadiran pengobatan komplementer bukan untuk menggantikan pengobatan konvensional yang sudah ada.

"Jadi, pengobatan komplementer adalah pengobatan yang tidak meninggalkan pengobatan konvesional yang telah dipakai. Artinya, kita menggabung pengobatan konvesional modern dengan yang non-konvesional," tutupnya. (ren)

»

0 comments:

Post a Comment