Friday, June 6, 2014

Duduk Sila Kaki Sering Kesemutan, Mengapa?

Duduk Sila Kaki Sering Kesemutan, Mengapa?NEUROPATI merupakan penyakit kerusakan saraf tepi yang biasa terjadi pada kalangan orang dewasa. Dampak bila mengalami kerusakan saraf tepi yang berlangsung lama adalah hipertensi, jantung, stroke, hingga kelumpuhan.

sayangnya, banyak orang tidak menyadari gejala awal dari gangguan neuropati, misalnya kesemutan. Bahkan, menurut Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat, Dr Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), kelamaan duduk bersila akan mengalami kesemutan maka pertanda ada masalah pada aliran saraf.

"Kita duduk sila lama terus langsung  kesemutannya minta ampun, sebenarnya itu saraf kita tertekuk atau terjepit di beberapa tempat," katanya di The CONE, FX Lifestyle Center, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dr Manfaluthy menjelaskan bahwa bila saat duduk sila kaki terasa kesemutan, penyebabnya saraf di belakang lutut terjepit sehingga terganggu alirannya. Dia mengibaratkan kondisi tersebut seperti selang air yang bila ditekuk, maka alirannya menjadi tidak lancar.

"Begitu diluruskan, akan kembali lagi. Tetapi, bila terus dibiarkan, gejala-gejalannya bisa semakin memberat, dan biasanya barulah seseorang ke dokter," tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment