Wednesday, June 18, 2014

Bisa Sembuh, Olga Syahputra Harus Jalani Pengobatan Berikut

Bisa Sembuh, Olga Syahputra Harus Jalani Pengobatan BerikutKABAR mengejutkan datang dari Olga Syahputra, yang didiagnosis kanker getah gening stadium 4. Padahal, belum lama ini kita mendapatkan kabar Olga mengidap penyakit meningitis.

Kabar ini lantas menggugah keingintahuan banyak orang, bisakah penyakit ini disembuhkan jika kanker sudah berada distadium 4? Menanggapi hal itu, dr Drajdat Ryanto Suardi, MD, FICS, dari Divisi Bedah Onkologi RS Hasan Sadikin Bandung, menerangkan kemungkinan kesembuhan seseorang saat mengalami kanker getah bening sangat besar. Pasalnya, kanker getah bening merupakan penyakit yang memengaruhi sistem tubuh, bukan membuat mati fungsi organ-organ tubuh, seperti kanker jenis lainnya. (Baca: Kanker Stadium 4, Olga Bisa Jalani Treatment Palliative)  
"Ini (kanker getah bening-red) penyakit sistem, jadi mau stadium 4 pun enggak ada masalah. Sebab, stadium itu cuma menggambarkan luas dan jangkauan bentuk kanker ke atas atau ke bawah, bukan beratnya suatu penyakit seperti kanker payudara," katanya saat dihubungi Okezone, Rabu (18/6/2014)
 
Lebih dalam, ia menggambarkan bahwa kanker getah bening lebih mudah disembuhkan dibanding kanker lainnya. Saat pengobatan awal, penderita sudah bisa mengurangi gejala-gejalanya. Apalagi, kata dia, jika penderita kanker getah bening sejak dini mengambil langkah pengobatan, maka kemungkinan untuk sembuh dari kanker getah bening kian besar. (Baca: Mengenali Kanker Getah Bening yang Serang Olga)
 
"Satu atau dua kali kemoterapi itu biasanya sudah menghilangkan beberapa gejala kanker getah bening. Respon kemoterapi untuk tubuh penderita kanker getah bening cukup baik, apalagi saat menjalani pengobatan ini regimennya tepat, penderita kanker bisa sembuh," ungkapnya.
 
Rangkaian pengobatan yang didapat penderita kanker getah bening biasanya selama tiga pekan, untuk delapan kali kemoterapi. Kemoterapi yang diperlukan selama 24 pekan. Menurutnya, saat program kemoterapi ini selesai, biasanya kanker getah bening sudah bisa sembuh.
 
"Sembuh ini sendiri maksudnya, ialah hilang dari gejala-gejala kanker getah bening. Dan, apakah ini juga berlaku untuk kasus Olga? Ya, kalau dia memang menderita kanker getah bening, ini juga berlaku untuk dirinya," simpul dr Drajdat.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment