Friday, June 20, 2014

Berdiri Tiga Jam Agar Terbebas Penyakit Jantung

Berdiri Tiga Jam Agar Terbebas Penyakit JantungORANG yang bekerja kantoran lebih berisiko terkena berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Sebab, mereka lebih banyak duduk berjam-jam.

Terlebih lagi, sebagian besar waktu dihabiskan di tempat kerja, sehingga menjadikan gaya hidup Anda kurang aktif. Namun, konsultan kedokteran olahraga terkemuka, Dr. Mike Loosemore mengatakan bahwa cukup berdiri selama tiga jam sehari saat bekerja memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti 10 kali lari maraton dalam setahun.

?Berdiri selama tiga jam setiap lima hari dalam seminggu seefektif 10 kali lari maraton setahun, dan dapat memperpanjang usia,? ujarnya sebagaimana dikutip Telegraph, Jumat (20/6/2014).

Oleh karena itu, menurut Dr. Mike Loosemore orang-orang harus didorong untuk berolahraga dengan intensitas rendah dan melakukan perubahan gaya hidup, termasuk berdiri lebih sering. Hal tersebut juga didasari oleh data 28 persen dari populasi di Inggris kurang berolahraga 30 menit setiap minggu.

?Saya tidak berbicara tentang latihan di gym atau jogging, tetapi hanya cukup menghindari perilaku menetap seperti menghabiskan sebagian besar jam duduk di depan komputer, mobil atau main video games,? jelasnya.

Sementara itu, Dr. Loosemore menegaskan bahwa sedikit perubahan gaya hidup dan berolahraga dapat mengubah seseorang menjadi aktif, sehingga memangkas risiko penyakit jantung sebesar 40 persen. Selain itu risiko terkena tekanan darah tinggi dan kanker payudara juga berkurang sebesar 20 persen.

?Risiko terkena kanker usus besar pun berkurang sebesar 60 persen dengan sedikit perubahan gaya hidup dan berolahraga,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment