Monday, March 11, 2013

Bumil Diabetes, Risiko Ini Mengancam

Bumil Diabetes, Risiko Ini Mengancam   SALAH satu penyakit yang dikhawatirkan terjadi pada ibu hamil adalah diabetes. Diabetes gestasional memang akan hilang setelah melahirkan, namun diabetes ini dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan sang jabang bayi.
 
Masalah umum yang bisa dialami oleh bayi pada ibu dengan diabetes adalah suatu kondisi yang disebut macrosomia, atau tubuh besar. dengan kata lain, bayi pada ibu hamil dengan diabetes cenderung lebih besar dari bayi pada umumnya.
 
Ini terjadi karena bayi menerima asupan gula terlalu banyak lewat plasenta karena ibunya memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Akibatnya, pankreas bayi memproduksi insulin lebih tinggi untuk mengolah kadar gula yang juga tinggi. Kelebihan gula akan diubah menjadi lemak, membuat bayi menjadi besar, demikian seperti yang dikutip dari buku Bayi Tabung, Mempersiapkan Kehamilan, karya dr. Ivan R. Sini, terbitan Gramedia.
 
Oleh karena itu, penting bagi para calon ibu untuk mengendalikan gula darah sebelum hamil. Atur pola makan dan menjaga berat badan ideal akan membantu Anda mencegah diabetes saat kehamilan. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment