Monday, August 4, 2014

Muntah Darah, Kemungkinan Mamiek Prakoso Derita Liver Sejak Lama

Muntah Darah, Kemungkinan Mamiek Prakoso Derita Liver Sejak LamaPELAWAK Mamiek Prakoso meninggal dunia di RS Brayat Minulyo akibat penyakit liver. Dikabarkan, Mamiek Prakoso sempat mengalami muntah darah sebelum meninggal dunia. Apakah muntah darah menandakan penyakit yang datang mendadak?

Menurut praktisi kesehatan, Dr dr H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, muntah darah yang dikaitkan dengan gangguan liver menandakan jika penyakit tersebut sudah berlangsung lama.

?Penyebab muntah darah itu bisa dikatakan karena gangguan liver sudah lama, tahunan atau prosesnya sudah lama. Namun, bukan berarti muntah darah sudah pasti ada gangguan liver,? katanya kepada Okezone melalui sambungan telefon, Senin (4/8/2014).

Biasanya, imbuh dr Ari, penderita gangguan liver tidak menyadari penyakit yang diderita. Pasalnya, gangguan liver memang tidak menunjukkan gejala tertentu. Apalagi, penderita gangguan liver memang bisa beraktivitas seperti biasa. (Baca: Gejala Penyakit Akibat Virus Ebola)

?Jadi, memang proses menderita gangguan liver itu sudah lama. Orang tidak menyadari karena awalnya memang tidak ada gejala. Bahkan, mereka (penderita gangguan liver-red) bisa beraktivitas seperti biasa sehingga sulit dideteksi jika tidak cek lab,? jelasnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment