Monday, August 4, 2014

Menkes Bertekad Tak Satupun Bayi Lahir Positif HIV

Menkes Bertekad Tak Satupun Bayi Lahir Positif HIVBERDASARKAN data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada 2014, bayi yang lahir dari ibu positif HIV berjumlah 926 jiwa. Dari 926 bayi yang lahir tersebut, 54 di antaranya positif HIV.

Menteri Kesehatan RI, dr Nafsiah Mboi, Sp. A, MPH, mengatakan bahwa pihaknya berupaya menekankan tindakan pencegahan bayi lahir positif HIV sedini mungkin. Nafsiah berharap bila ibu hamil yang dites positif HIV bisa langsung diberikan pengobatan agar tidak menular ke bayi.

"Begitu ibu hamil di tes positif HIV, maka langsung kita berikan antiretroviral dengan harapan tidak menular ke bayi," katanya pada konferensi pers di Ruang Mahar Mardjono, Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/8/2014).

Lebih lanjut, Nafsiah mengutarakan bahwa hal tersebut dilakukan karena Pemerintah bertekad tidak ada satupun bayi tertular HIV. Oleh karena itu, dia berharap orangtua, baik suami maupun istri, tidak memiliki riwayat HIV. (Baca: Pasien Ebola Asal Amerika Serikat Membaik)

"Tekad kita, jangan satupun bayi yang lahir positif HIV. Oleh, karena itu orangtuanya terlebih dahulu tidak boleh positif HIV. Kalaupun memang ibu hamil positif terinfeksi HIV, tetapi tekad kita jangan ada satupun bayi yang lahir dengan positif HIV," tegasnya.  
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment