Wednesday, August 6, 2014

Hidup Bersih & Sehat Kunci Cegah DBD

Hidup Bersih & Sehat Kunci Cegah DBDMENJELANG musim hujan, penyakit yang selalu menjadi momok di masyarakat adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, jentik - jentik nyamuk biasa menghinggapi wadah yang tergenang.
 
Saat mengunjungi RSUD Depok, Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad juga sudah mulai menjumpai pasien DBD. Kebanyakan dari mereka adalah anak - anak.
 
Menurut Idris, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi kunci untuk mencegah DBD. Ia juga meminta agar peran juru pemantau jentik (jumantik) lebih ditingkatkan.
 
"Harapan kita mengembangkan PHBS masyarakat agar lebih gencar. Fasilitas RS terus kami tingkatkan tetapi semoga sepi pasien sakit, dengan adanya fasilitas yang semakin baik, jangan makin banyak pasien yang sakit," katanya sambil tertawa baru - baru ini.
 
Kesadaran masyarakat dibutuhkan untuk mengecek wadah yang biasa didiami jentik. Salah satunya dispenser dan wadah buangan air lemari es. (Baca: Pelayanan Jamkesda Lebih Nyaman Ketimbang BPJS)
 
"RT dan RW harus kerahkan jumantik periksa rumah warga dispenser, kulkas, talang air, genangan, air bersih. Kalau perlu fogging maka lakukan, kalu ada yang terkena DBD, maka warga diminta lapor ke ketua RT segera," papar Idris.
 
Meski begitu, lanjutnya, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) lebih efektif dilakukan ketimbang fogging. "Sanitasi dan saluran air harus rajin dibersihkan," tutupnya.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment