Sunday, August 3, 2014

Kanker Limfoma Malignum, Penyebab & Kenali Gejalanya

Kanker Limfoma Malignum, Penyebab & Kenali GejalanyaBELUM banyak yang mengenal kanker limfoma malignum, ini merupakan jenis non solid tumor. Lalu, apa penyebab seseorang dapat terkena kanker limfoma malignum?

Onkologi dari Rumah Sakit Omni, Pulomas, Jakarta Timur, dr Henry Naland, Sp.B-Onk mengatakan bahwa kanker limfoma malignum termasuk ke dalam kanker ganas. Namun, sayangnya menurut dr Henry penyebab pasti kanker kanker limfoma malignum belum diketahui.

?Penyebabnya sampai sekarang kita tidak tahu, tetapi bisa bermacam-macam atau karena faktor lingkungan,? katanya kepada Okezone di Rumah Sakit Omni, Pulomas, Jakarta Timur, belum lama ini.

Meskipun belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kanker limfoma malignum, dr Henry mengatakan bahwa gaya hidup juga dapat menjadi penyebab. Misalnya, gaya hidup yang kurang teratur dan terlalu memforsir diri sehingga menjadi kecapean dapat mencetuskan kanker limfoma malignum.

Sementara, tidak hanya penyebab pasti yang belum diketahui, gejala-gejala awal dari kanker ini juga sulit dikenali, sehingga menjadi sulit dideteksi. Namun, dr Henry mengatakan bahwa kanker limfoma malignum dapat dimulai dengan benjolan di beberapa bagian tubuh.

?Limphoma lignum itu biasa dimulai dengan benjolan. Paling banyak terjadi itu di leher, bisa pada satu kelenjar dan dua kelenjar, serta tidak terasa sakit. Ini persis seperti TBC karena gejalanya di dalam, tetapi bisa diraba karena membesar, tetapi biasanya ditemukan pada saat sudah ganas di salah satu sisi,? tutupnya.  
 
 
 
 
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment