Sunday, August 3, 2014

Ini Kasus Kanker Paling Banyak di Indonesia

Ini Kasus Kanker Paling Banyak di IndonesiaKASUS kanker banyak terjadi di Indonesia. Namun  jenis kanker apa yang paling banyak?

Dijelaskan oleh dr. Henry Naland dr Henry Naland, Sp.B-Onk dari RS. OMNI pulomas Jakarta Timur, kasus kanker terbanyak di Indonesia diperoleh kanker payudara dan mulut rahim. Hal ini bisa terjadi karena faktor gaya hidup dan faktor keturunan.  
Lebih lanjut, kasus kanker payudara ini tidak hanya terjadi pada wanita  tetapi juga pada pria meski jumlahnya sedikit,
 
"Kanker payudara 99% kasusnya terjadi pada wanita. Dan satu persen hanya mengenai laki-laki," katanya saat diwawancarai oleh Okezone, di Jakarta, belum lama ini.
 
Sementara itu, angka kejadian pada kanker mulut rahim saat ini sudah mengalami penurunan. Hal itu terjadi, katanya, karena kesadaran para wanita sudah meningkat untuk melakukan vaksinasi.
 
"Vaksinasi untuk  Human papilloma Virus (HPV) sudah banyak dilakukan wanita. Sehingga menurunkan jumlah angka kejadian mulut rahim mengalami penurunan," ujarnya.
 
Adapun penyebab dari kanker payudara sampai saat ini belum ada penyebab pastinya. Dokter, kata dia, hanya mengetahui faktor risiko yang mendekatkan wanita terkena kanker payudara.
 
"Faktor pola makan dan lingkungan  yang tidak sehat, stres, dan keturunan itu hanya menyumbang 15 persen. Sedangkan 85 persennya belum diketahui," tutupnya.
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment