Tuesday, August 5, 2014

Arab Saudi Boikot Tiga Negara Endemik Ebola

Arab Saudi Boikot Tiga Negara Endemik EbolaKEMENTERIAN Kesehatan Arab Saudi melaporkan seorang warganya yang diduga terinfeksi Ebola. Pria berusia 40 tahun yang tengah dirawat intensif di Red Sea Hospital itu diketahui baru saja pulang dari Sierra Leonne.
 
Kemenkes Arab Saudi pun berharap semoga hasil laboratorium menunjukan hasil negatif. Sebab, jika diagnosanya positif, Arab Saudi akan kembali menjadi perhatian dunia lagi, menyusul penyebaran virus MERS sebelumnya.
 
Lebih lanjut, untuk benar-benar mencegah Kemenkes Arab Saudi melakukan prosedur menyeluruh yang memotong mata rantai virus Ebola bisa berkembang di Arab Saudi. Bahkan, pihak Kemenkes pun menangguhkan warga negara dari tiga negara endemik Ebola yang datang ke Arab Saudi. (Baca: Penyebab Ensefalitis Sangat Berbahaya)
 
"Mereka (Kemenkes Arab) menangguhkan pemberian visa Haji dan Umroh bagi warga di tiga negara yang Ebola sudah mewabah itu. Mulai dari Liberia, Guinea dan Sierra Leonne," kata Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Okezone, Rabu (6/8/2014).
 
Selain penangguhan visa, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI itu juga mengatakan bahwa Arab Saudi telah posko khusus untuk mencegah Ebola. Termasuk di pelabuhan sebagai pintu masuk ke negara tersebut. (Baca: Cengkeh & Kayu Manis, Mana Terbaik untuk Diabetesi)
 
"Bahkan Mereka juga sudah menyiapkan kantor kesehatan pelabuhan yang merupakan port of entry ke Saudi Arabia."
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment