Monday, February 24, 2014

Trik Cepat Langsing Usai Melahirkan

Trik Cepat Langsing Usai Melahirkan TIDAK sedikit wanita yang berharap bisa memiliki perut langsing usai melahirkan. Lantas, bagaimana solusinya?  
Memang, saat hamil perubahan tubuh bisa saja terjadi, seperti pada pinggul, perut, dan lain-lain. Nah, paling dikhawatirkan oleh setiap wanita setelah melahirkan adalah perut menjadi buncit dan kendur.
 
Menurut dr. Suharto, SpKO, DPH dari RS Sahid Sahirman Jakarta, penyebabnya tak lain adalah pada saat hamil, kandungan (uterus) membesar seiring dengan tumbuhnya janin di dalamnya. Inilah yang membuat kulit dinding perut dan otot-otot pada bagian perut berubah dan kendur.
 
Untuk mengatasi hal itu, kata dia, perlu dilakukan olahraga khusus, yakni latihan otot yang berfungsi untuk menguatkan dan memperbaiki otot-otot sekitar perut dan pinggul, seperti senam kegel atau sit up. Olahraga ini sudah bisa dilakukan sejak dua minggu pascamelahirkan - baik persalinan normal maupun sesar - atau jika si ibu sudah tidak merasakan sakit lagi seusai melahirkan.
 
?Agar hasil semakin terasa disarankan untuk mengombinasikannya dengan melakukan latihan beban (weight training) dan latihan aerobik, seperti bersepeda, joging, atau berenang,? jelasnya.
 
Olahraga tersebut, sambung dia, maksimal dilakukan sebanyak lima kali dan minimal tiga kali dalam sepekan, dengan catatan harus dalam satu paket dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu, misalnya senam kegel dilakukan bersama dengan erobik ? bisa bersepeda atau joging di lapangan atau di treadmill.
 
?Sementara untuk intensitas waktu latihan, harus dilakukan secara bertahap. Patokannya adalah rasa sakit atau pegal. Agar teknik olahraganya dapat dilakukan dengan baik dan benar, sebaiknya dibantu dengan instruktur olahraga yang berpengalaman. Hasil latihan bisa dilihat dari perbaikan berat badan dan bentuk tubuh seperti mengukur lingkar pinggang,? ulasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment