Thursday, February 27, 2014

2,9 Juta Warga Miskin Sulsel Jadi PBI di JKN

2,9 Juta Warga Miskin Sulsel Jadi PBI di JKNMAKASSAR ? Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bukan program pengobatan gratis. Hal itu seperti dikemukakan Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi. Ia menyatakan, JKN ialah program jaminan kesehatan yang menjamin pemerataan dan keadilan serta kemandirian masyarakat.
 
Menkes berujar bagi warga miskin iuran JKN-nya ditanggung pemerintah. Mereka dikelompokkan sebagai PBI (Penerima Bantuan Iuran). Termasuk di dalamnya sebanyak 2.944.924 warga di Sulawesi Selatan dari 86,4 juta orang yang dikategorikan PBI.
 
Tak perlu bayar, para PBI tersebut berhak mendapat layanan kesehatan di semua instalasi Yankes (pelayanan kesehatan) yang bekerja sama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan.
 
Bila perlu mereka bisa rawat inap di kamar kelas III di Faskes (fasilitas kesehatan) tingkat lanjutan atau rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Daftar PBI itu sendiri akan ditinjau dalam kurun waktu setiap enam bulan demi memastikan sasaran penerimanya sudah tepat.
 
?Seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bergabung dalam program JKN harus mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan komprehensif. Yang belum memiliki sarana itu wajib membangun jejaring atau merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan,? sambung Nafsiah di Makasar, Kamis (27/2/2014).
 
Diuraikan, manfaat JKN hanya dapat diperoleh di Faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sesuai dengan Peraturan Presiden No 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan. Sedangkan pelayanan kesehatan bagi mereka yang ingin mendapatkan keturunan, perawatan kecantikan, gangguan medis akibat ketergantungan obat dan alkohol, dan pengobatan alternatif tidak ditanggung dalam program jaminan kesehatan ini.
 
Menurut Nafsiah, sejak pelaksanaan JKN selama satu bulan terakhir masih ditemukan beberapa masalah. Pemerintah berkomitmen terus menyempurnakan program ini dalam lima tahun ke depan. Kurun waktu lima tahun dipandang lebih singkat dibandingkan Negara Jerman yang telah melaksanakan program serupa selama seratus tahun. (ind)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment