Monday, February 24, 2014

ISPA, Penyakit Paling Dikeluhkan Korban Gunung Kelud

ISPA, Penyakit Paling Dikeluhkan Korban Gunung Kelud   BERTEBARNYA debu vulkanik Gunung Kelud di titik-titik pengungsian, sudah tentu membawa dampak buruk bagi tubuh. Sederat penyakit pun perlahan dirasakan orang-orang akibat kondisi tersebut. Nah, apa sajakah itu?

dr. M. Iqbal El Mubarak, Anggota Komite Penanggulanan Bencana PB IDI yang terjun langsung di Posko PB IDI di Kediri menuturkan bahwa di Kecamatan Puncu dan Kepung yang masuk dalam Kabupaten Kediri, kebanyakan keluhan kesehatan yang dialami warga saat ini ialah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), sakit mata, gatal-gatal pada kulit, diare, dan dehidrasi. Berbagai keluhan ini diperparah oleh ketidakdisiplinan warga dalam menggunakan masker, padahal kebutuhan masker untuk masyarakat sudah cukup.  
"ISPA adalah penyakit yang terbanyak atau dikeluhkan masyarakat. Kemudian, gatal-gatal akibat debu, kemudian diare akibat meminum air yang tidak bersih," katanya dalam acara bertema ?Program IDI Peduli Erupsi Gunung Kelud? di Ruang Rapat PB IDI, Jakarta Pusat, Senin, (24/2/2014).
 
Ditambahkannya, dari semua keluhan penyakit tersebut, saat ini banyak menyerang anak-anak. Hal itu bisa terjadi akibat imunitas pada anak yang masih lemah ketimbang orang dewasa.
 
"Kenapa keluhan penyakit sampai sekarang banyak terjadi pada anak-anak? Itu karena sistem imun tidak sebaik orang dewasa. Imun anak-anak itu belum sempurna," terangnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment