Sunday, February 23, 2014

Cegah Dehidrasi, Minum Secara Teratur & Berkala

Cegah Dehidrasi, Minum Secara Teratur & BerkalaDEHIDRASI adalah kondisi di mana tubuh kehilangan cairan secara berlebihan akibat penguapan. Selain itu, dehidrasi juga disebabkan oleh suhu lingkungan yang panas. Lantas, bagaimana pencegahannya?  
Menurut Dr.dr.Ermita I. Ilyas, MS,AIFO, suhu lingkungan yang panas dapat menyebabkan heat cramp, heat exhaustion, dan heat stroke. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang jatuh pingsan akibat terpapar panas sinar matahari.
 
"Untuk pencegahannya, saat beraktivitas, minumlah secara teratur dan berkala. Saat berolahraga, biasakan untuk minum sebelum, selama, dan sesudah berolahraga," tuturnya pada acara "Pocari Sweat Conference 2014 bertajuk Aktivitas Fisik Membuat Tubuh Bugar dan Menarik" di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
 
Sementara, menurut Dr.Ermita, bayi, anak-anak dan lansia sangat rentan kekurangan cairan. Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa untuk mengantisipasinya perlu  pengaturan minum secara teratur dan butuh perhatian lebih.
 
"Selain itu, sakit yang mengeluarkan banyak cairan harus benar-benar diperhatikan, seperti demam tinggi yang akan mengeluarkan banyak keringat, ataupun diare," tandasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment