Wednesday, February 26, 2014

Mengintip Proses Singkat Produksi Susu Frisian Flag

Mengintip Proses Singkat Produksi Susu Frisian FlagPERNAHKAH membayangkan di balik produksi susu kental manis, susu siap minum dalam botol dan kardus yang ada di pasaran? Ternyata, semua produk tersebut tercipta dalam waktu singkat dengan bantuan mesin berteknologi caggih.
 
Memasuki pabrik Frisian Flag Indonesia di bilangan Ciracas, Jakarta Timur, Anda bakal dibuat takjub dengan keberadaan mesin-mesin yang memerlihatkan kaleng-kaleng berjalan dengan cepat, terisi susu, kemudian keluar rapi dengan packing kardus tebal.
 
Itulah pemandangan yang terlihat saat Okezone berkesempatan melihat langsung proses produksi susu kaleng, botol, dan kardus yang selama ini hanya kita lihat wujudnya yang sudah jadi di pasaran.
 
Sebelum memasuki pabrik, sederet peraturan harus dilakukan demi menjaga sterilisasi produksi susu. Pertama-tama, pengunjung diwajibkan menggunakan baju khusus (seperti mantel panjang) berwarna putih, lalu menggunakan penutup kepala, penutup telinga dan sepatu khusus.
 
Pengunjung pun diminta untuk menitipkan tas termasuk aksesori seperti jam tangan, kacamata,  dan aksesori lainnya yang tak diperkenankan untuk dibawa ke wilayah pabrik. Setelah itu, pemandu pun akan menuntun kita memasuki pabrik.
 
Masuk ke area pabrik, suara bising mesin begitu memekakkan telinga. Karenanya, penutup telinga pun patut dikenakan agar pendengaran terlindungi. Di area pertama pabrik, sejumlah mesin yang didukung dengan jalur-jalur panjang dari besi yang menjalankan proses dari pemotongan kaleng akan terlihat. Pemotongan pun berlangsung cepat dengan mesin yang menyala selama  24 jam nonstop tersebut.
Usai pemotongan kaleng, mesin berikutnya akan membentuk detail kaleng lebih lanjut dan ratusan kaleng-kaleng tersebut berjalan ke area sterilisasi. 
 
Berdasarkan keterangan dari pemandu tur di pabrik, sterilisasi kaleng dilakukan dengan cara pembakaran menggunakan mesin dan dalam proses yang sangat cepat. Setelah itu, kaleng-kaleng berjalan ke mesin berikutnya untuk kemudian diisi susu sesuai takaran yang ditentukan dan telah tertutup rapat untuk kemudian masuk ke labelling dan di-packing ke kardus.
 
Proses yang begitu cepat itu akan berganti sepekan sekali sesuai order untuk per item produk. Jadi misalnya, pekan ini memproduksi susu full cream, maka pekan berikutnya baru susu varian lainnya.
 
"Dalam satu menit, sekira 600 kaleng selesai diproduksi dan mesin berjalan 24 jam nonstop," kata pemandu tur di pabrik.
 
Di sudut lain, mesin memproduksi varian susu lainnya dengan proses yang kurang lebih sama. Dan kesibukan itu pun terjadi setiap hari dengan ritme mesin yang sama untuk memproduksi berbagai susu.
 
Nah, dengan kecepatan yang begitu dahsyat tersebut, bayangkan saja dalam sehari semalam terproduksi berapa banyak susu untuk memenuhi kebutuhan seantero Nusantara. Dan, susu yang dihasilkan dari proses singkat tersebut pun kerap Anda nikmati selama ini.


(tty)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment