Monday, February 24, 2014

Nih, Upaya Bebaskan Wanita dari Kanker Serviks

Nih, Upaya Bebaskan Wanita dari Kanker ServiksSELAIN kanker payudara, kanker serviks adalah penyakit mematikan yang sering menyerang wanita. Oleh karena itu, sangat penting meningkatkan kesadaran wanita terhadap bahaya penyakit kanker serviks.  
Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama wanita terhadap bahaya kanker serviks, International Pharmaceutical Manufacturers Group (IMPG) bersama Yayasan Kusuma Buana (YKB) meluncurkan program "Pemberdayaan Perempuan dalam Pencegahan Kanker Serviks".
 
"Hal ini karena sebagian besar wanita datang terlambat untuk periksa atau sudah stadium lanjut. Bila sudah stadium lanjut, kemungkinan sembuhnya kecil dan angka kematian meningkat, serta implikasi biaya yang mahal," tutur Dr. Adi Sasongko , MA, Director of Health Services Yayasan Bunda Kusuma pada acara konferensi pers bertajuk ?Pemberdayaan Perempuan dalam Pencegahan Kanker Serviks? di Klinik Keluarga Yayasan Kusuma Buana, Jl. Pisangan Baru III No. 210, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2014).
 
"Tetapi, penyakit ini bisa dicegah bila diketahui sejak awal. Jadi, program ini merupakan upaya untuk memberikan edukasi dan informasi kepada wanita agar lebih memiliki kesadaran untuk melakukan deteksi dini," tambahnya.
 
Program ini sendiri telah dimulai sejak November 2013 dan dilaksanakan di tiga wilayah Jakarta, yaitu Jakarta Timur, Selatan, Utara, dan wilayah Bekasi Barat yang terdapat klinik YKB. Target sasaran dari program ini adalah para warga yang kurang mampu.
 
"Melalui program ini, para wanita yang tinggal di sekitar wilayah klinik dapat melakukan tes pap smear dan konseling secara gratis. Di awal-awal tahun ini, 2.000 wanita ditargetkan untuk melakukan deteksi kanker serviks," jelas Chairman IPMG dr. Luthfi Mardiansyah.
 
Sementara, klinik-klinik YKB sendiri terletak di empat wilayah, yaitu Pisangan Baru, Tanjung Priok, Palbatu dan Bintara. Saat ini telah terdapat 30 orang kader di klinik keluarga Pisangan Baru dan mereka melakukan langkah-langkah proaktif sebagai upaya peningkatan kesadaran terhadap kanker serviks, termasuk mengunjungi rumah-rumah warga dan melakukan kampanye di acara-acara sosial seperti arisan.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment