Sunday, February 23, 2014

Perut Kecil Usai Melahirkan? Bisa Kok

Perut Kecil Usai Melahirkan? Bisa KokPERUT yang membesar usai melahirkan memang jadi permasalahan banyak wanita. Untuk mengatasi hal tersebut, cara terbaik yang bisa dilakukan ialah melakukan olahraga secara rutin.

dr. Suharto, SpKO, DPH dari RS Sahid Sahirman menuturkan saat hamil perubahan tubuh bisa saja terjadi, seperti pada pinggul, perut, dan lain-lain. Nah, yang paling dikhawatirkan oleh setiap wanita setelah melahirkan adalah perut menjadi buncit dan kendur. Penyebabnya tak lain adalah pada saat hamil, kandungan (uterus) membesar seiring dengan tumbuhnya janin di dalamnya. Inilah yang membuat kulit dinding perut dan otot-otot pada bagian perut berubah dan kendur, seperti dikutip Tabloid Mom & Kiddie.

Senam Kegel dan Sit Up

Untuk mengatasi hal itu, perlu dilakukan olahraga khusus yakni latihan otot yang berfungsi untuk menguatkan dan memperbaiki otot-otot sekitar perut dan pinggul, seperti senam kegel atau sit up. Olahraga ini sudah bisa dilakukan sejak dua minggu pascamelahirkan - baik persalinan normal maupun sesar - atau jika si ibu sudah tidak merasakan sakit lagi seusai melahirkan.

Latihan Beban dan Aerobik

Agar hasil semakin terasa disarankan untuk mengombinasikannya dengan melakukan latihan beban (weight training) dan latihan aerobik, seperti: bersepeda, joging, atau berenang.

Olahraga tersebut maksimal dilakukan sebanyak 5 kali dan minimal 3 kali dalam seminggu, dengan catatan harus dalam satu paket dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu, misalnya: senam kegel dilakukan bersama dengan aerobik, bersepeda atau joging di lapangan atau di treadmill.

Sementara untuk intensitas waktu latihan, harus dilakukan secara bertahap. Patokannya adalah rasa sakit atau pegal. Jika Ibu merasa sudah terbiasa dan stamina semakin kuat maka intensitas latihan bisa ditingkatkan.   

Agar teknik olahraganya dapat dilakukan dengan baik dan benar, sebaiknya dibantu dengan instruktur olahraga yang berpengalaman. Hasil latihan bisa dilihat dari perbaikan berat badan dan bentuk tubuh seperti mengukur lingkar pinggang.

Atur Pola Makan

Perlu diingat, sangat disarankan bagi wanita yang ingin mengecilkan perut usai melahirkan untuk tidak melakukan diet sembarangan yang berakibat tidak lancarnya produksi ASI.

Makanan seimbang harus tetap dijaga, dengan memerhatikan cukup karbohidrat dan tinggi protein agar produksi ASI tetap lancar. Selain itu, makanan sehat juga membantu proses pemulihan  sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak pascamelahirkan. Untuk melancarkan pencernaan, Ibu bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Hasil dalam 2 Bulan

Jika olahraga mengecilkan perut dilakukan secara teratur dan rutin, maka dalam kurun waktu 6 minggu atau 2 bulan, hasilnya akan terlihat. Tentu dengan catatan olahraga tersebut diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Namun ingat, jangan pula lakukan olahraga secara BERLEBIHAN, sebab jika dilakukan dengan berlebihan  jusru akan menguras lemak yang ada dalam tubuh. Ini bisa berakibat tidak baik. Pasalnya, lemak yang terlalu sedikit pada wanita dapat menyebabkan terhentinya haid (amenorrhea sekunder) seperti yang ditemukan pada pelari maraton wanita. Normalnya, seorang wanita memerlukan lemak di dalam tubuh antara 15 - 20 persen. Oleh sebab itulah disarankan untuk tetap memerhatikan kebutuhan lemak dalam tubuh. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment