Sunday, February 23, 2014

Haus Pertanda Awal Tubuh Kekurangan Cairan

Haus Pertanda Awal Tubuh Kekurangan CairanTUBUH sebagian besar terdiri dari cairan, sehingga sangat penting menjaganya tetap terhidrasi. Namun dalam kondisi tertentu, tubuh bisa saja kehilangan cairan, bahkan saat tidur. Apa pasal?  
Menurut Dr.dr.Ermita I. Ilyas, MS,AIFO, dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan cairan secara berlebihan. Hal ini terjadi akibat penguapan melalui keringat, urin, ataupun karena mengalami penyakit diare.
 
"Saat tidur pun tubuh bisa kehilangan cairan. Saat tidur, keringat itu menguap, terlebih kalau pakai kipas angin atau AC, itu akan membuat tubuh menguap," tuturnya pada acara "Pocari Sweat Conference 2014 bertajuk Aktivitas Fisik Membuat Tubuh Bugar dan Menarik" di Hotel gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
 
"Sehingga saat bangun tidur, biasanya akan merasa haus, oleh karena itu membutuhkan minum air yang banyak," sambungnya.
 
Lebih lanjut, Dr.Ermita menjelaskan bahwa dehidrasi juga bisa disebabkan karena lingkungan yang panas ataupun sejuk. Dalam kondisi tersebut, banyak cairan tubuh yang akan terbuang dan menyebabkan tubuh kekurangan cairan, serta timbul rasa haus.
 
"Timbul rasa haus itu saja sudah menjadi pertanda tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, minumlah secara berkala agar tubuh tetap terhidrasi," imbuhnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment