Friday, February 28, 2014

Kenali Cedera Urat ACL, Penyebab Atlet Pensiun Dini

Kenali Cedera Urat ACL, Penyebab Atlet Pensiun DiniURAT ACL (Anterior Cruciate Ligament) merupakan salah satu urat yang paling penting dalam lutut kita. Sebab, begitu urat ini bermasalah akan aktivitas gerak kita akan terganggu seumur hidup

Bermasalah dengan urat ACL merupakan kondisi yang harus dihindari khususnya para atlet. Karena, kariernya langsung terancam begitu mengalami masalah tersebut. Benarkah?

"Ya, banyak atlet begitu mengalami cedera lutut yang salah satu urat sobek atau putus, bisa membuat kariernya 'habis', pension dini. Apalagi bila yang dialami putusnya urat ACL," kata dr. Sapto Adji H, Sp. OT,  Orthopedic Sport Surgeon and Medicine Consultant dari RS. Premiere Bintaro saat ditemui Okezone, di R. Poli Dr. Sapto Adji, RS Premiere Bintaro, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis 27 Februari 2014.

Mengenai gejala dari masalah pada urat ACL, dr. Adji menuturkan saat seseorang mengalami masalah pada urat ACL-nya, apakah itu sobek atau putus, mereka umumnya hanya bengkak saja dan masih bisa jalan ataupun berlari. Akan tetapi, bila ia melakukan gerakan agak memutarkan lututnya tidak akan stabil. Hal itu karena urat ACL yang berfungsi kestabilan tubuh tidak berfungsi lagi. Inilah mengapa kasus putusnya urat ACL para atlet sangat berbahaya atau dihindari.

Untuk menghindari kondisi itu parah dari kasus ACL, seseorang  baik atlet maupun non-profesi tak boleh mengabaikan rasa sakit setelah lutut mengalami benturan. Dan langusn pergi ke dokter untuk dianalisa, kemudian diberikan solusi, dr. Adji menyarankan.

"Jangan pernah abaikan rasa nyeri yang muncul. Bila punya rasa nyeri langsung datangi dokter, dan dianalisa kemudian setelah solusi. Setelah seterah pasien mau menyikapinya seperti apa," imbuhnya. "Dan saran ini tak hanya berlaku untuk atlet, tapi juga para non-atlet. Karena pasien non-atlet merupakan pasien yang banyak mengalami cedera lutut ketimbang atlet, seperti patah tulang, putus urat otot. Perbandingannya itu jelas, satu banding lima," tutupnya. (ind)

»

1 comments:


ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment