Sunday, February 23, 2014

Penyebab Gangguan Pencernaan Lebih Banyak Serang Usia Produktif

Penyebab Gangguan Pencernaan Lebih Banyak Serang Usia ProduktifDULU, gangguan pencernaan lebih banyak menyerang orang dewasa. Namun belakangan, gangguan ini cenderung menyerang usia produktif. Apa pasal?

Pola hidup memegang peran penting bagi kesehatan. Ketika dijalani dengan tepat, maka sejumlah ancaman penyakit bisa dihindari. Sebaliknya, pola hidup tak sehat tentu mengundang beragam penyakit datang.

Gangguan pencernaan misalnya, di era modern ini lebih banyak menyerang usia produktif ketimbang usia tua. Penyebabnya, gaya hidup serba instan menjadi hal yang memengaruhi kecenderungan tersebut.

"Sekarang ini kecenderungannya karena makanan pada anak-anak yang tak sehat sehingga anak-anak mudah sekali konsumsi minuman bersoda, makanan pedas dan segala macamnya,"ujar Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM saat ditemui Okezone secara eksklusif di RSCM, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dr Ari berujar, usia produktif saat ini memang lebih banyak terserang gangguan pencernaan. Usia yang banyak menderita gangguan tersebut biasanya berkisar antara usia 20-40 tahun. Bahkan, anak muda pun banyak yang terkena gangguan tersebut lebih dini.

"Jadi usianya memang bergeser. Bahkan kita juga banyak menemukan kasus ini pada remaja. Awalnya timbul perlukaan dan kemudian konstipasi. Pasien saya sendiri ada remaja. Mulanya dia timbul perlukaan, datang awalnya dengan nyeri ulu hati, mual-mual, muntah yang berulang-ulang dan setelah kita endoskopi ditemukan perlukaan di lambung. Risiko terparahnya ya bisa perdarahan di lambung. Kalau sudah parah ya tentunya mengganggu kehidupannya dan aktivitasnya juga terganggu. Apalagi kondisi lambungnya makin parah,"tutupnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment