Sunday, February 23, 2014

Pola Makan Tepat Sehatkan Pencernaan

Pola Makan Tepat Sehatkan PencernaanGAYA hidup sehat memberi pengaruh besar bagi kesehatan pencernaan seseorang. Karenanya, jangan sembarangan mengonsumsi makanan dan rawatlah kesehatan pencernaan dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar pencernaan sehat ialah menghindari makanan instan, makanan yang merangsang (terlalu pedas atau asam) dan minuman bersoda secara berlebihan.

"Minuman soda boleh-boleh saja, asalkan tidak berlebihan. Selain itu, hindarilah makanan yang terlalu pedas, mengurangi konsumsi cokelat dan keju,"tutur Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM saat ditemui Okezone secara eksklusif di RSCM, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Selain selektif memilih makanan, pola makan yang benar pun perlu diperhatikan. Hal ini penting agar gangguan pencernaan bisa dihindari.

"Prinsipnya tidur itu dua jam setelah makan. Tapi kan sekarang ini banyak yang mengonsumsi makanan sambil tiduran dan bahkan sampai ketiduran. Itu terjadi di masyarakat dimana bisa menimbulkan gangguan pencernaan di usia muda lebih mudah,"imbuh Dr Ari. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment