Thursday, June 12, 2014

Mana Lebih Sehat, Ikan atau Daging?

Mana Lebih Sehat, Ikan atau Daging?ANTARA daging dan ikan sering diperdebatkan mana yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menentukan mana lebih sehat antara daging dan ayam. Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir Boldsky.

Asam folat omega-3

Ikan memiliki kandungan asam folat omega-3 atau lemak tak jenuh yang tidak ada dalam daging. Manfaat lemak tersebut dipercaya melindungi jantung dari efek negatif lemak jenuh.

Sumber protein

Ikan memiliki banyak protein dalam setiap gramnya, daripada daging ayam. Perbedaan keduanya memang sangat sedikit, tapi sebagian orang mengaku jika mengonsumsi ikan lebih mengenyangkan daripada ayam.

Asam amino

Daging mengandung asam amino lebih bervariasi. Asam amino bermanfaat dalam pembentukan otot. Jadi, bila Anda menginginkan tubuh lebih berotot, daging merupakan sumber protein yang tepat.

Metode memasak

Sebenarnya, ikan atau daging memiliki kandungan menyehatkan yang sama. Namun, jika dimasak, keduanya memiliki manfaat berbeda. Misalnya, ketika ikan digoreng di dalam minyak banyak (deep frying), maka nutrisinya sebagian besar akan hilang, begitupula dengan ayam. Protein dalam ikan memang memilliki sifat cepat berubah. Karenanya, metode memasak untuk ikan lebih baik dipanggang, termasuk untuk daging.

Merkuri

Ikan hidup di air yang seringkali tercemar karena merkuri. Banyak orang meninggal karena keracunan merkuri setelah mengonsumi ikan dalam periode yang cukup lama.

Terinjeksi hormon

Mencari daging organik memang sulit. Sementara, tidak sedikit daging ayam yang diinjeksi dengan hormon untuk menggemukkan unggas ini. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment