Monday, March 10, 2014

Konsumsi Vitamin Prenatal Tiga Bulan Sebelum Rencanakan Kehamilan

Konsumsi Vitamin Prenatal Tiga Bulan Sebelum Rencanakan KehamilanKITA tentu sudah tahu vitamin prenatal penting dikonsumsi ibu hamil. Karenanya, banyak bumil harus rajin mengonsumsi vitamin prenatal saat masa kehamilan.

Meski begitu, kenyataannya ada sejumlah orang yang mengonsumsi sebelum masa kehamilan. Hal itu pun memunculkan pertanyaan, kapan sebenarnya waktu terbaik mengonsumsi vitamin prenatal?

"Jika Anda berharap untuk hamil, idealnya Anda harus mulai mengambil vitamin prenatal setidaknya tiga bulan sebelum  berencana  mendapatkan kehamilan," kata Dr Mary Rosser, asisten profesor di departemen obstetri dan ginekologi dan kesehatan perempuan di Montefiore Medical Center di New York City, seperti dilansir Foxnews.

"Misalnya saja vitamin asam folat, yang mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida (cacat pada tulang belakang ), yang berkembang dalam waktu 28 hari setelah pembuahan," imbuhnya.

Selain itu, tambah dia, vitamin asam folat bisa mengurangi risiko autisme menurut laporan dalam Journal of American Medical Association.

"Cacat bisa terjadi sangat awal kehamilan, berkali-kali sebelum wanita tahu bahwa mereka hamil," kata Rosser.

Untuk alasan ini, kata dia, para ahli merekomendasikan semua wanita usia reproduksi mengambil multivitamin dengan 400 mikrogram asam folat, apakah mereka sedang mencoba untuk hamil atau tidak. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment