Thursday, September 18, 2014

300 Pendonor Datang ke PMI Jakarta Setiap Hari

300 Pendonor Datang ke PMI Jakarta Setiap HariSTOK persediaan darah untuk DKI Jakarta hingga 17 September 2014 tergolong aman, di mana Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta menyimpan 7.111 kantung darah. Tetapi, berapa banyak pendonor yang langsung datang ke PMI Jakarta dalam sehari?

"Selama ini kita seimbang, tetapi kalau yang datang ke PMI Jakarta ini bisa sampai 300 orang sehari," ujar Dr Salimar Salim selaku Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta kepada Okezone di Kantor PMI DKI Jakarta, Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu 17 September 2014.

Selain itu, Dr Salimar mengatakan bahwa PMI Jakarta juga menurunkan 16 unit mobil donor darah untuk menjangkau ke beberapa instansi-instansi. Syaratnya, minimal perusahaan atau instansi yang hendak dikunjungi oleh PMI mengumpulkan minimal 75 orang sebagai pendonor.

"Jadi, dengan cara tersebut setiap hari kita bisa mengumpulkan 1000 sampai 1200 kantung darah sehari. Apalagi misalnya perusahaan tersebut mengadakan donor darahnya menggunakan suvenir, maka itu akan menarik banyak orang untuk donor darah, bisa 1000 sampai 2000 orang," jelasnya.
"Jadi, kita 1000 kantung darah kita dapat per hari, termasuk 300 orang yang datang langsung ke sini. Dengan jumlah tersebut, kita sudah memenuhi kebutuhan darah di Jakarta," tambahnya.

Sementara, bila pendonor langsung datang ke PMI Jakarta tentu prosesnya akan lebih cepat. "Kan darah itu diambil di sini, kemudian diolah selama 5 sampai 6 jam selesai langsung disimpan. Jadi, kalau misalnya kita donor di sini akan lebih cepat, duduk sebentar, diperiksa, langsung diambil darahnya lalu disimpan," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment