Wednesday, April 2, 2014

Minum-Minuman Berkarbonasi Bisa Rusak Gigi?

Minum-Minuman Berkarbonasi Bisa Rusak Gigi?UNTUK orang-orang yang mendambakan memiliki gigi yang sehat, minuman soda atau berkarbonasi adalah pantangan bagi mereka. Hal ini karena kebanyakan orang meyakini minum-minuman berkarbonasi dapat merusak gigi. Tetapi, benarkah minuman berkarbonasi dapat merusak enamel atau lapisan terluar gigi?  
Peneliti dari IPB, Dr Puspo Edi Giriwono mengatakan bahwa minuman berkarbonasi memiliki pH berkisar 2,4-4,0 (Johnson er al, 2009), seperti minuman diet buah-buahan, jus lemon, dan lain-lain. Lantas, apakah minum-minuman berkarbonasi akan merusak enamel gigi?
 
"Karbonasi tidak selalu merusak enamel gigi, karena pH ari liur menurun setelah minum-minuman berkabonasi pada pasien yang memiliki karies," terangnya pada diskusi media bertajuk ?Kupas Fakta Tentang Karbonasi Dalam Minuman? di Restoran Kembang Goela, Semanggi, Jakarta, Rabu (2/4/2014).
 
Berdasarkan hasil riset faktor karbonasi tidak dapat dijadikan penyebab tunggal terhadap kerusakan gigi yang terjadi. Menurutnya, dari studi klinis ini menunjukkan bahwa rusaknya enamel gigi lebih disebabkan karena faktor lainnya yang memudahkan keasamaan air liur meningkat dengan cepat, seperti penderita karies atau gigi berlubang.
 
"Sehingga perlu diperhatikan tingkat keasaman tinggi tersebut yang juga terdapat pada makanan dan minuman lain yang tidak berkarbonasi," terangnya.
 
Minuman-minuman yang tidak berkarbonasi namun dapat juga merusak enamel gigi diataranya adalah kopi, teh atau lemon, dan lain-lain. Minuman-minuman tersebut dapat memudahkan keasaman air liur meningkat dengan cepat hingga bisa juga merusak enamel gigi.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment