Monday, April 28, 2014

Ogah Kena Penyakit Pernapasan, Stop Pakai AC

Ogah Kena Penyakit Pernapasan, Stop Pakai ACDALAM beberapa pekan terakhir, mungkin Anda merasa suhu lingkungan semakin meningkat. Ketika merasa ?gerah? karena suhu yang kian panas, banyak orang memanfaatkan penggunaan air conditioner atau AC di rumah.  
Namun tanpa disadari, berada di lingkungan AC juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan, selain memberikan kesejukan. Berikut dampak buruk penggunaan AC bagi kesehatan.
 
Bisa buruk bagi kesehatan paru-paru
 
Salah satu efek buruk dari penggunaan AC adalah memengaruhi kesehatan paru-paru. Penggunaan AC menyebabkan perubahan mendadak dalam suhu dan kelembapan, sehingga memengaruhi sistem pernapasan.
 
Kulit kering
 
Semakin lama Anda berada di ruang ber-AC, maka dapat menimbulkan masalah pada kulit. Efek buruk dari penggunaan AC terhadap kulit adalah membuatnya kering dan berlendir.
 
Menimbulkan kebisingan
 
Mungkin ini salah satu dampak yang juga tidak Anda sadari dari penggunaan AC, yaitu polusi udara. Ada beberapa pendingin udara yang menimbulkan suara sebisingan, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala sepanjang hari.
 
Penyakit pernapasan
 
Penggunaan AC selain memengaruhi kesehatan paru-paru, tetapi juga berdampak pada penularan penyakit pernapasan. Penularan infeksi saluran pernapasan ini disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara sehingga menjadi buruk.
 
Alergi
 
Kurang baiknya sirkulasi udara pada ruangan ber-AC menyebabkan munculnya debu dan jamur karena juga lembap. Kedua hal ini dapat menyebabkan alergi, sehingga merupakan salah satu faktor risiko penggunaan AC, demikian sebagaimana dilansir Boldsky. (Bersambung)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment