Thursday, April 24, 2014

Isap Ganja, Siap-Siap Komplikasi Jantung

Isap Ganja, Siap-Siap Komplikasi JantungINI saatnya Anda berhenti mengisap ganja. Sebab, studi terbaru menemukan bahwa orang dewasa muda dan setengah yang suka mengisap ganja bisa mengalami komplikasi kardiovaskular.  
Untuk mendapatkan data itu, peneliti menggunakan data dari 2006 sampai 2010 French Addictovigilance Network, dengan  mengidentifikasi 35 kasus kondisi kardiovaskular dan pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung, otak, dan anggota badan yang terjadi usai mengisap ganja. Dan mereka menemukan bahwa sebagian besar pasiennya adalah laki-laki dengan usia rata-rata 34,3 tahun.
 
Menurut peneliti, mengisap ganja itu berkaitan komplikasi kesehatan yang kemungkinan tak tercatat pemerintah. Di Prancis, misalnya, mereka memiliki 1,2 juta pengguna ganja biasa dan banyak yang mengalami komplikasi kesehatan tak tercatat oleh French Addictovigilance System.
 
"Masyarakat umum masih berpikir ganja tak berbahaya, padahal ganja sangat berbahaya. Untuk itu, informasi bahaya kesehatan potensial dari penggunaan ganja perlu disebarluaskan kepada masyarakat, pembuat kebijakan, dan penyedia layanan kesehatan," kata Émilie Jouanjus, penulis utama studi sekaligus anggota Fakultas Kedokteran di Pusat Hospitalier Universitaire de Toulouse, Toulouse, Prancis, seperti dilansir Foxnews.
 
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association ini juga menemukan, orang-orang yang menderita kelemahan jantung lebih cenderung mengalami efek berbahaya dari ganja.
 
"Saat ini sudah ada bukti kuat terhadap risiko meningkatnya efek kardiovaskular akibat mengisap ganja, terutama pada anak muda," kata Jouanjus.

"Oleh karena itu, penting bahwa dokter, termasuk ahli jantung, menyadari hal ini dan mempertimbangkan penggunaan ganja sebagai salah satu penyebab potensial pasien dengan gangguan kardiovaskular," tambahnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment