Wednesday, April 30, 2014

Penyakit Olga, Dokter RSCM: Itu Meningitis Bentuk Lain

Penyakit Olga, Dokter RSCM: Itu Meningitis Bentuk LainSIMPANG siur penyebab sakit Olga Syahputra akhirnya terjawab sudah. Kemarin dr. Rubiana, ahli syaraf Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) sudah menginformasikan bahwa Olga terdiagnosis menderita penyakit meningitis. Hal itu merujuk dari gejala-gejala yang dialami dan hasil pemeriksaannya.  
Berita penyebab sakitnya Olga pun sampai saat ini menjadi buah bibir banyak orang. Dari banyak orang yang menanggapi, sebagian orang  menanggapi dengan kebingungan. Hal itu bisa terjadi karena meningitis biasanya terjadi di daerah endemis saja, yaitu Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Australia. Lebih dalam, hal itu disebabkan melalui udara dan makanan yang terkontaminasi. Jadi jika ditarik pada kasus Olga, bagaimana mungkin itu bisa terjadi? Jika iya, apa penyebabnya?
 
Menanggapi hal itu, Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.Pd, KAI, FINASIM dari Divisi alergi imunolosi klinis Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI dan RSCM menerangkan bahwa kemungkinan besar apa yang dialami oleh Olga Syahputra bukan bakteri meningitis dari haji ataupun luar negeri. Hal itu karena meningitis sendiri mempunyai berbagai bentuk klinisnya.
 
"Apa yang dialami Olga, itu bukan meningitis dari haji (Arab Saudi). Itu adalah bentuk lain dari meningitis," tegasnya saat diwawancarai Okezone via telefon, Selasa, (30/4-2014)
 
Sementara mengenai penyebab dan penjelasan klinisnya, dia enggan berkomentar lebih lanjut. Hal itu karena yang lebih tahu ialah dokter yang mengasuhnya sendiri.
 
"Yang menangani Olga kan saya tahu dr. Rubi dari RSPI. Jadi, lebih baik minta keterangan klinisnya dari beliau saja, saya tidak tahu persis. Karena yang saya tahu, Olga kan sudah dilakukan berbagai pemeriksaan. Jadi, tidak etis untuk menjelaskan lebih dalam mengenai penyebab dan penjelasan klinisnya. Tapi saya bisa pastikan, itu bukan penyakit meningitis dari haji," terangnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment