Wednesday, April 30, 2014

May Day, Buruh Tuntut Standar Pelayanan RS Free for Service

May Day, Buruh Tuntut Standar Pelayanan RS Free for ServiceMASALAH kesehatan masih menjadi salah satu isu utama yang diusung dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) pada Kamis besok. Apalagi pada tahun ini, sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mulai dilaksanakan.  
Para buruh menilai masih kerepotan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai dengan program BPJS. Terutama bukan di Pelayanan Kesehatan (PPK) Tingkat I, seperti klinik ataupun puskesmas, tetapi di PPK II yakni di rumah sakit.
 
Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok Wido Pratikno mengatakan, para buruh mendesak agar bagaimana jaminan kesehatan dalam BPJS pada Permenkes 69 tahun 2013 yang mengatur tarif INA-CBGs agar diterapkan lebih baik. Para buruh di Depok sudah beraudiensi masalah ini dengan Pemerintah Kota Depok dan mencari solusi terbaik.
 
"Awalnya setelah May Day, kami buruh Depok ingin berunjuk rasa lagi tanggal 5 Mei tentang BPJS ini, tetapi ternyata Wali Kota Depok mengakomodir aspirasi kami dan kami batalkan niat kami," katanya kepada Okezone di Depok, Rabu (30/04/2014).
 
Wido menambahkan, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail sudah mengajukan surat penjelasan kepada Kementerian Kesehatan dan Presiden RI seputar aturan BPJS di daerah. Hal itu, kata Wido, akan tetap dikawal oleh para buruh agar pelaksanaan BPJS di Depok semakin baik.
 
"Kami juga ingin agar jaminan kesehatan BPJS yang diterapkan Permenkes ada standar pelayanan RS dan kami inginkan Free for Service sejalan dengan tarif INA-CBGs, kita akan terus kontrol pelaksanaan BPJS," tegasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment