Sunday, April 27, 2014

Latihan Otot Baik untuk Penderita Diabetes

Latihan Otot Baik untuk Penderita DiabetesMEMILIKI penyakit kronis seperti halnya diabetes tidak serta-merta membuat Anda malas bergerak. Justru untuk pasien diabetes dianjurkan untuk aktif bergerak dengan berolahraga. Apa sebab?

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga dr. Grace Tumbelaka, SpKO mengatakan bahwa memiliki penyakit diabetes tidak berarti membuat seseorang menjadi malas bergerak. Justru, dr. Grace menganjurkan kepada pasien diabetes untuk berolahraga.

"Kenapa dengan exercise? Walaupun fungsi insulinnya tidak optimal, gula itu bisa masuk dalam sel, sehingga dengan exercise diabetes bisa dikontrol," jelas dr. Grace di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

Namun, khusus pasien diabetes, dr. Grace menyarankan untuk lebih kepada melakukan olahraga dengan latihan otot. Lantas, mengapa pasien diabetes lebih dianjurkan untuk melakukan latihan otot?

Lebih lanjut, dr. Grace menjelaskan bahwa otot adalah tempat utama sel untuk menerima glukosa sebagai energi. Namun, seseorang yang membutuhkan energi dalam bentuk gula dalam otot karena menderita diabetes energinya tidak bisa masuk, sehingga menjadi lemas.

"Tetapi dengan exercise, sensitivitas insulinnya itu akan meningkat sehingga menyebabkan gula mudah masuk dalam sel walaupun kondisi insulinnya terganggu," jelasnya.

Lalu, exercise seperti apa yang dianjurkan dilakukan oleh pasien diabetes? Menurut dr. Grace setiap penyakit memang kondisinya berbeda-beda. Khusus untuk diabetes harus terlebih dahulu dilihat apakah ada kompilkasinya atau tidak.

"Jadi, konsep latihan dibuat sesuai dengan kondisinya, namun yang pasti terdiri dari latihan yang bersifat aerobik dan latihan beban," tutup dr. Grace.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment