Tuesday, April 22, 2014

Makan Buah Bikin Wanita Gemuk, Sebabnya?

Makan Buah Bikin Wanita Gemuk, Sebabnya?MAKAN buah-buahan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan ragam buah tertentu membantu menurunkan berat badan. Tetapi, tahukah Anda makan buah juga bisa membuat gemuk?  
Ahli gizi di New York City, Tamara Duker Freuman, RD mengatakan bahwa banyak wanita melakukan perubahan drastis pada pola diet ketika musim panas agar tubuh nampak indah dalam balutan bikini. Namun, hal ini menurut Tamara justru dapat menyebabkan tubuh wanita membengkak.
 
?Jika Anda terbiasa makan-makanan rendah serat dan tiba-tiba mulai banyak makan buah-buahan, salad dan sereal, maka secara signifikan dapat membengkak. Hal ini karena Anda tidak memiliki bakteri yang tepat di dalam usus untuk membantu mencerna meningkatnya jumlah serat,? jelas Tamara, dikutip Fitnessmagazine.
 
Sementara, gastroenterologist, Dr. Eamonn Quigley, MD dari the Methodist Hospital, Houston menjelaskan bahwa tubuh manusia memiliki triliunan bakteri di dalam usus yang membantu mengolah makanan di lambung dan usus. Kemudian, ketika makan yang tercerna mencapai usus, bakteri akan memakannya dan menghasilkan gas.
 
Lebih lanjut, Dr Quigley mengatakan bahwa jenis bakteri yang ada di usus sebagian besarnya ditentukan oleh apa yang Anda makan, dan beberapa jenis bakteri tersebut menghasilkan gas lebih dari bakteri yang lain. Tanpa pola diet tepat, makanan berserat yang biasanya lambat dicerna akan lebih lama di dalam usus.
 
?Tidak hanya itu, ini akan memberikan banyak waktu bagi bakteri untuk mengunyah makanan yang telah dicerna dan menimbulkan gas,? tandas Quigley.
 
Selain itu, sebagian orang juga memilih mengonsumsi yogurt untuk memenuhi kebutuhan serat harian mereka. Namun, justru mengonsumsi yoghurt menurut penulis buku The Joy Fit Club Cookbook, Joy Bauer, RD bisa membuat perut kembung, sehingga seperti terlihat gemuk.
 
?Segala sesuatu dari yoghurt yang diperkaya serat bisa menjadi masalah. Hal ini karena biasanya yoghurt mengandung banyak inulin, yaitu serat difermentasi yang dapat menimbulkan gas dan membuat perut kembung bila dikonsumsi berlebihan,? jelas Joy Bauer.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment