Sunday, March 9, 2014

Kelola Rumah Sakit, Kuncinya Komunikasi & Bisa Pegang SDM

Kelola Rumah Sakit, Kuncinya Komunikasi & Bisa Pegang SDMMENGELOLA rumah sakit dengan baik memang tidak mudah. Sejumlah tantangan dan kendala senantiasa berdatangan.

Hal itu tentu tak hanya berlaku bagi pengelolaan rumah sakit swasta, tapi juga rumah sakit pemerintah, seperti halnya RSUD Tarakan.

Direktur Utama RSUD Tarakan Dr Kusmedi Priharto, SpOT, Mkes mengatakan kendala dan hambatan sudah tentu ada. Namun hal terpenting, dua hal utama selalu dipegangnya.

"Paling penting itu ialah sebagai manajemen rumah sakit kita harus perhatian. Pertama ialah komunikasi, baik komunikasi dengan karyawan, dokter, pemerintah, dan DPRD. Komunikasi itu harus bisa disampaikan semua masalah-masalah dan semua hal itu tidak dibicarakan yang sekadar 'ngomong', tapi disampaikan dengan data, analisa, dan jalan keluar," tuturnya saat ditemui Okezone di ruang kerjanya di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Selain komunikasi, hal yang tak kalah penting untuk dilakukan dalam pengelolaan rumah sakit ialah mengubah budaya kerja.

"Kedua kita harus bisa memegang SDM. Dari awal di sini, saya sudah berusaha mengubah budaya kerja. Mungkin bisa dilihat Tarakan dulu dan sekarang,"imbuhnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment