Tuesday, March 4, 2014

Gangguan Katarak Bisa Berawal dari Penyakit Kulit

Gangguan Katarak Bisa Berawal dari Penyakit KulitKATARAK merupakan salah satu gangguan pada lensa mata yang dapat membuat penglihatan menjadi kabur. Oleh karena itu, katarak dapat menyebabkan fungsi penglihatan seseorang menurun.

Biasanya, katarak dialami oleh orang yang telah lanjut usia. Namun, ada beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan seseorang terkena katarak, sebagaimana dilansir Boldsky berikut ini.

Umur

Usia adalah salah satu penyebab paling sering dari katarak, karena protein lensa akan terdenaturasi sebagai akibat bertambahnya usia. Ada banyak penyakit terkait usia lainnya seperti diabetes dan hipertensi juga berkontribusi terhadap cepatnya perkembangan penyakit.

Cedera

Cedera adalah salah satu penyebab katarak pada orang dewasa. Cedera akan mengakibatkan pembengkakan, penebalan dan pemutihan serat lensa mata. Warna putih yang terbentuk pada akhirnya akan menyebabkan katarak, sehingga tergantung dari tingkat keparahan cedera.

Genetik

Genetik merupakan faktor penting yang berkontribusi besar dalam terjadinya katarak. Kelainan kromosom dapat menyebabkan katarak, bahkan pada usia dini. Genetik dapat memengaruhi mekanisme yang berperan besar dalam melindungi dan menjaga lensa.

Penyakit kulit

Karena kulit dan lensa mata berasal dari embriologis yang sama, maka penyakit kulit tertentu dapat memengaruhi lensa mata Anda. Beberapa penyakit tersebut di antaranya seperti dermatitis, atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim.

Diabetes

Salah satu penyebab utama katarak pada orang dewasa adalah diabetes. Enzim aldosa reduktase mengkatalisis produksi sorbitol dari glukosa oleh reaksi reduksi, sehingga diabetes dapat mengembangkan katarak.

Obat

Obat tertentu dapat memengaruhi penglihatan mata Anda karena bisa menyebabkan pengembangan katarak. Obat-obat seperti kortikosteroid terbukti telah dihubungkan dengan perkembangan katarak. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment