Thursday, September 25, 2014

Ingin Sehat, Lari 30 Menit Saja

Ingin Sehat, Lari 30 Menit SajaRUTIN berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar dengan tujuan tertentu, misalnya menurunkan berat badan. Untuk menghasilkan pembakaran kalori yang lebih banyak biasanya seseorang menambah lamanya durasi dalam sekali berolahraga.

Namun, Dr Michael Triangto, SpKO dari Slim+Health, Sports Therapy Rumah Sakit Mitra Kemayoran mengatakan bahwa berolahraga lari sebenarnya tidak perlu lama-lama. Bahkan, menurut Dr Michael tidak perlu sampai satu jam pun berolahraga sudah cukup untuk membuat badan sehat.

"30 menit saja sudah cukup, tetapi kan orang-orang tidak mau, merasa kurang. Malahan setelah lari langsung pergi bersama teman-teman makan-makan jadi bertambah berat badannya," ujarnya kepada Okezone melalui sambungan telfon, Rabu 24 September 2014.

Karenaya, menurut Dr Michael dalam berolahraga seseorang harus mempunyai tujuan terlebih dahulu sebelum melaksanakannya. Biasanya, tujuannya berolahraga adalah untuk sehat atau hanya sekedar ingin memperoleh kesenangan.

"Kalau ingin sehat lari 30 menit saja sudah cukup sebenarnya, jadi harus tahu tujuannya apa. Kalau orang tidak tahu tujuannya apa dia berolahraga, itu sama saja mau pergi tetapi tidak tahu tujuannya ke mana," tuturnya.

Untuk mencapai tujuan dari olahraga yang menyehatkan, Dr Michael menyarankan setiap orang mempersiapkan diri sebelum berolahraga lari. Misalnya, memeriksa tekanan darah atau kondisi kesehatan dan menyesuaikan olahraga dengan berat badan. ?Sepatu yang hendak digunakan juga harus sesuai kebutuhan, baiknya khusus sepatu lari agar pijakannya lebih nyaman dan mengurangi risiko cedera,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment