Monday, June 23, 2014

Menderita Penyakit Ini, Anda Dilarang Puasa Ramadan

Menderita Penyakit Ini, Anda Dilarang Puasa RamadanPUASA Ramadan sebentar lagi tiba. Dari sisi kesehatan, sebagian orang dengan penyakit tertentu tidak dianjurkan untuk menjalaninya.

Menurut  Prof Dr dr Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, guru besar Endokrinologi FKUI/ RSCM,  penderita diabetes parah adalah salah satunya. Mengapa demikian?

"Penderita diabetes tipe 1 karena jenis diabetes ini lebih sulit untuk dikontrol gula darahnya. Dalam keseharian, mereka membutuhkan insulin. Jenis diabetes mellitus ini biasanya sudah timbul pada anak-anak," katanya dalam konferensi pers peluncuran aplikasi ?Ramadan, Diabetes and Me? di Hotel JS Luwansa, Ballroom 2, HR. Rasuna Said, Jakarta, Senin (23/6/2014).

Selain itu, orang yang menderita paru-paru dan jantung dengan kondisi parah juga dianjurkan tidak menjalani puasa. Begitupula dengan penderita epilepsi dan migrain parah. (Buka: 14 Jam Kosong, Puasa Terbukti Menyehatkan)

"Bahkan, penderita yang diwajibkan cuci darah, seperti gangguan ginjal, termasuk transplantasi ginjal dan nefrolitiasis, juga tidak boleh puasa (Ramadan)," simpul Prof Pradana.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment