Monday, April 21, 2014

Empat Cara Mudah Periksa Payudara Cegah Kanker

Empat Cara Mudah Periksa Payudara Cegah KankerKANKER payudara bisa menyerang siapa saja, bahkan bila tidak mempunyai riwayat keturunan dari keluarga. Hal ini karena kanker payudara bisa disebabkan oleh faktor lingkungan dan gaya hidup tidak sehat.
 
Pemeriksaan dini merupakan kunci dalam pencegahan kanker payudara dengan mengenali gejala-gejalanya, sehingga tidak terlambat dalam melakukan tindakan. Anda sebenarnya bisa melakukan pemeriksaan sederhana sendiri di rumah untuk menemukan apakah ada tanda-tanda dari kanker payudara.
 
Berikut beberapa cara mudah melakukan pemeriksaan payudara untuk mencegah kanker payudara.
 
Mengetahui tanda-tanda kanker payudara
 
Mengetahui tanda-tanda kanker payudara adalah langkah paling penting dalam pemeriksaan kanker payudara. Periksa payudara Anda untuk melihat apakah ada bejolan tidak wajar di sekitar payudara. Selain itu, periksalah apakah ada perubahan warna puting, jika ya maka cobalah untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut.
 
Periksa payudara dengan berdiri di depan cermin
 
Berdirilah di depan cermin untuk memeriksa apakah ada perubahan dalam bentuk payudara secara keseluruhan. Angkat dan naikkan juga payudara Anda untuk memeriksa sisi bawah dan rasakan apakah ada benjolan.
 
Pemeriksaan payudara dengan berbaring
 
Jika Anda malu memeriksa payudara dengan berdiri di depan cermin, cobalah untuk berbaring dan rasakan adakah perbedaan di sekitar payudara. Rasakan apakah ada benjolan di sekitar payudara atau perubahan pada puting.
 
Belajar dari dokter tentang pemeriksaan gejala
 
Memang cukup mudah melakukan pemeriksaan sendiri, tetapi jika memiliki keraguan tentang gejala dan tanda maka berbicaralah dengan dokter. Dari itu semua yang terpenting adalah perlu diingat bahwa kanker payudara dapat disembuhkan dengan mudah bila masih pada tahap awal. Semakin cepat Anda menyadari perubahan pada payudara, maka akan semakin cepat melakukan tindakan dan menyingkirkan kanker, demikian yang dilansir Magforwomen.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment