Sunday, June 2, 2013

Terapi Pengurangan Androgen Efektif Atasi Kanker Prostat?

Terapi Pengurangan Androgen Efektif Atasi Kanker Prostat?PARA ilmuwan telah mengidentifikasi sub-kelompok sel yang berkontribusi terhadap kekambuhan kanker prostat dan menjadi harapan yang menjanjikan untuk mengobati penyakit tersebut.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Monash University di Australia menemukan beberapa sel kanker prostat masih dapat bertahan hidup dari pengobatan penarikan androgen. Sebelumnya sel-sel adalah target potensial untuk perawatan masa depan.

Lebih lanjut, para peneliti beranggapan karena sel kanker prostat hadir di awal perkembangan penyakit dan ada kemungkinan dapat disembuhkan dengan terapi sebelum kanker mencapai tahap agresif.

Bagi kasus-kasus lanjutan dari penyakit ini, pengobatan efektif yang tersedia meliputi obat dan sebagainya yang bertujuan mencabut tumor pada hormon laki-laki, namun hal tersebut menyebabkannya untuk tumbuh kembali. Terapi pengurangan androgen memang sangat efektif, namun tumor akhirnya menjadi resisten terhadap pengobatan dan bertumbuh kembali dalam bentuk yang tidak tersembuhkan.

Pada penelitian yang dipimpin oleh Profesor Gail Risbridger dan Dr Renea Taylor tersebut mengambil sampel tumor dari 12 laki-laki penderita kanker prostat tahap awal. Kemudian mereka menggunakan tikus sebagai uji coba untuk meniru perkembangannya pada manusia. Kedua peneliti tersebut dengan cermat mengamati bagaimana respon sel kanker dan yang tetap bertahan hidup dari terapi pengurangan androgen. Bahkan, setelah beberapa minggu sisa sel-sel tumor terus bertahan.

?Hasil penelitian menunjukkan bahwa sel-sel kanker persisten entah bagaimana bisa berbeda dari sel-sel kanker yang merespon penarikan androgen serta cenderung menjadi sel-sel prekursor yang menyebabkan penyakit tahan dengan pengobatan canggih. Sekarang kita akan menyelidiki bagaimana secara efektif membidik sel-sel tersebut,? ujar Risbridger, demikian yang dilansir Financialexpress.

Sementara itu, Profesor Mark Frydenberg dari Monash Department of Surgery dan pemimpin dari Department of Urology, Monash Health, mengatakan hasi temuan dari penelitian pada akhirnya dapat mengarah pada terapi tambahan untuk meningkatkan efektivitas. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment