Friday, June 21, 2013

Anak Diet Vegetarian, Perhatikan Nutrisi Ini

Anak Diet Vegetarian, Perhatikan Nutrisi Ini KEBUTUHAN akan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan anak Anda saat memasuki usia sekolah dasar. Nutrisi yang cukup akan membantu mereka hidup sehat dan terhindar dari penyakit selama masa pertumbuhan. Bila Anda ingin menerapkan diet kepada anak, terdapat nutrisi yang harus diperhatikan jika anak mulai menerapkan diet vegetarian, seperti dikutip Stuff.
Protein
Ketika anak memasuki usia sekolah dasar, mereka membutuhkan makanan mengandung protein, tetapi terkadang roti yang mereka bawa terlalu banyak kandungan karbohidrat sehingga proteinnya tidak mencukupi. Sedangkan protein membuat sekira 20% tubuh anak Anda sehat, termasuk kesehatan tulang, rambut, kulit, kuku, dan menyediakan 10% energi. Jadi, pastikan anak Anda mendapatkan protein yang cukup. Sumber protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, seperti kacang polong, biji gandum, beras merah, dan selai kacang.
Zat besi
Kurangnya zat besi bisa mempengaruhi tingkat energi, kesehatan darah, dan asupan oksigen melalui sel, sehingga sangat penting untuk konsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Namun, zat besi dari bahan vegetarian kurang mudah diserap daripada produk hewani. Tetapi vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi, seperti brokoli, bayam, tomat, dan jeruk. Sedangkan sumber zat besi bisa didapatkan dari biji labu, kacang mete, kacang merah, biji gandum, dan bayam.
Kalsium
Kita semua tahu bahwa tubuh membutuhkan kalsium untuk tulang, tetapi kalsium juga penting untuk kesehatan jantung, otot, dan fungsi saraf. Kebanyakan orang berpikir bahwa susu merupakan sumber utama kalsium, namun ada banyak sumber vegetarian yang lezat dari mineral ini. Contohnya sayuran seperti brokoli, labu, kangkung, ubi jalar, kemudian ada kacang merah, biji-bijian, serta buah jeruk, dan tahu.
Vitamin B12
Vitamin B12 sangat penting untuk menstabikan mood dan memori, namun tidak dapat ditemukan dalam makanan nabati, kecuali dari sayuran laut. Oleh karena itu, cara mendapatkannya bisa dengan mengonsumsi suplemen, konsultasikan dengan dokter ahli gizi untuk menambahkan suplemen pada diet anak Anda.
Vitamin D
Vitamin D membantu dalam membangun tulang yang kuat dan mencegah penyakit. Sumbernya termasuk dari sinar matahari, ikan, telur, dan susu. Sebuah suplemen bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, namun konsultasikan dengan dokter sebelum mengubah diet atau menambahkan suplemen.
Omega-3
Asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan dan membantu mencegah penyakit jantung, serta penyakit kronis lainnya. Lemak sehat berasal dari ikan salmon dan ikan lainnya, jadi bila tidak mengonsumsi ikan, makan biji kenari bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan lemak esensial ini.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment