Monday, June 3, 2013

Setop Merokok Hindarkan Anda dari Penyakit Jantung

Setop Merokok Hindarkan Anda dari Penyakit JantungKESEHATAN jantung seseorang bisa sangat berhubungan dengan gaya hidup dari orang itu sendiri. Bila ingin memiliki jantung yang sehat maka kita harus melakukan pola hidup sehat di setiap harinya.

Hal ini seperti dikatakan dalam sebuah penelitian besar multi-center yang dipimpin peneliti Johns Hopkins. Para peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara faktor gaya hidup dan kesehatan jantung serta mendukung setiap orang untuk melakukan olahraga teratur, diet sehat, menajaga berat badan yang normal, dan yang paling penting adalah tidak merokok.

Pada hasil penelitian ?Low-Risk Lifestyle, Coronary Calcium, Cardiovascular Events and Mortality serta Multi-Ethnic Study of Atherosclerosis yang di posting pada American of Epidemiology tersebut, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengadopsi perilaku empat gaya hidup sehat tadi dilindungi dari penyakit jantung koroner.

Selain itu, terhindar dari awal penumpukan kalsium dalam arteri jantung, dan mengurangi kemungkinan kematian dari semua penyebab penyakit tersebut sebesar 80 persen selama periode delapan tahun.

?Sepanjang pengetahuan kita, ini adalah penelitian pertama yang menemukan hubungan antara faktor gaya hidup berisiko rendah dan tanda-tanda awal penyakit pembuluh darah, penyakit jantung koroner dan kematian dalam sebuah evaluasi memanjang,? ujar Haitham Ahmed, MD,MPH,  yang merupakan penulis utama internal medicine resident dengan the Ciccarone Center for the Prevention of Heart Disease di Johns Hopkins sebagaimana yang dilansir Medicalxpress.

Para peneliti mengevaluasi data lebih dari 6.200 pria dan wanita usia 44-84 tahun dari latar belakang berbeda-beda, yaitu orang kulit putih, Afrika-Amerika, Hspanik dam Cina, semuanya diamati rata-rata selama 7 atau 6 tahun. ?Mereka yang mengadopsi keempat perilaku sehat tersebut memiliki tingkat kematian 80 persen  lebih rendah dibandingkan dengan peserta dengan perlaku tidak sehatnya,? jelas Ahmed.

?Dari semua faktor gaya hidup, kami menemukan bahwa menghindari merokok memainkan peran terbesar dalam mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kematian,? tutur Roger Blumenthal, MD, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di Johns Hopkins University School of Medicine.

?Bahkan, perokok yang mengadopsi dua atau lebih dari perilaku pola hidup sehat tersebut masih memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih rendah dibanding bukan perokok dan yang mengalami obesitas,? tambahnya. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment