Thursday, July 10, 2014

Tindakan Sederhana Atasi Cedera Ringan Usai Olahraga

Tindakan Sederhana Atasi Cedera Ringan Usai OlahragaSEMUA orang berisiko mengalami cedera saat berolahraga, kendati hanya jogging. Berbeda dengan hanya pegal atau cedera ringan, yang akan sembuh dengan sendirinya.

Menurut co-director of the Women Sports Medicine Center, Lisa Callahan, MD, jika rasa sakit akibat cedera berlangsung lebih dari dua pekan atau tiba-tiba gejala semakin berat, maka harus segera diperiksakan ke dokter. Namun, sebelum beranjak ke dokter, Anda bisa melakukan pengobatan sederhana berikut ini, seperti dikutip Health, Kamis (10/7/2014).

Kompres dengan es batu

Sebagian besar cedera dimulai dengan peradangan. Adalah es batu yang dapat segera mengatasinya. Namun, jangan lebih dari 20 menit ketika mengompres dengan es batu karena bisa menimbulkan kerusakan kulit. (Baca: Cedera Neymar Bisa Timpa Atlet Olahraga High Contact)

Kompres dengan handuk hangat

Jika masih terasa sakit setelah dua atau tiga hari, cobalah beralih dari menggunakan es ke air hangat. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke daerah yang terkena cedera sekaligus memercepat penyembuhan. (Baca: Selain Pesepakbola, Profesi Ini Berisiko Cedera Tulang Belakang)

Peregangan

Setelah rasa sakit hilang, cobalah perlahan-lahan meregangkan otot dan sendi untuk mengurangi kekakuan. Hal ini juga membantu proses pemulihan cedera jika dilakukan beberapa kali sehari.

Menggunakan kinesiology tape (KT)

Menggunakan kinesiology tape (KT) dapat mengurangi pembengkakan, juga mengurangi tekanan otot yang berlebihan dan rasa sakit. Dr Callahan mengatakan bahwa jika pemakaian KT membantu pemulihan, maka Anda bisa tetap menggunakannya.  
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment