Wednesday, July 23, 2014

Pernah Kanker, Shahnaz Haque Kurangi Konsumsi Daging

Pernah Kanker, Shahnaz Haque Kurangi Konsumsi DagingSHAHNAZ Haque pernah menderita kanker ovarium. Ia dioperasi pada tahun 1998. Setelah sehat, ia mengaku tidak sembarangan dalam memilih makanan. Ia juga peduli pada cara memasak dan menyimpan makanan.

Kunci Shahnaz adalah menjaga pola makanan. Ia tak mau sembarangan lagi mengonsumsi makanan. Ia berusaha untuk mengurangi tingkat konsumsi makanan. Ia berusaha untuk mengurangi tingkat konsumsi daging merah.?Yang paling penting, menjaga pola makan. Sekarang ini, aku jarang sekali mengonsumsi daging merah. Jadi kalau mau makan daging, lebih banyak makan yang putih, yaitu ikan atau ayam,?ungkapnya.

Shahnaz memang mengurangi konsumsi daging merah setelah menderita kanker. Ia hanya mengonsumsi daging merah paling tidak sekali dalam sebulan. Makanan cepat saji pun ia hindari. ?Itu memang sudah cara survivor kalau mau menjaga pola kehidupan sesudah dia melewati masa kritisnya. Jadi, memang, kalau makan junk food, salah. Kalau makan makanan yang dibolak-balik panasin seperti rendang itu gak bisa. Harus makan makanan yang betul fresh dan bukan yang keluar-masuk lemari es,? terang presenter berusia 42 tahun ini. (Baca: Cegah Kanker Mulut dengan Makanan Ini)

Makanan wajib yang kini dikonsumsi oleh pemilik nama Shahnaz Natasya Haque ini adalah makanan-makanan yang mengandung serat. Sayur dan buah sudah pasti menjadi menu wajib bagi Shahnaz dan keluarga.

?Sekarang saya lebih banyak mengonsumsi makan yang berserta seperti sayur dan buah-buahan. Apa pun sayurannya, pokoknya, berserat,?katanya sambil tersenyum.

Sayuran dan buah-buahan nyatanya memang baik untuk kesehatan.?Saya merasa kulit jadi lebih gak kusam. Jadi, sebetulnya, ikan dan sayuran itulah yang sangat membantu. Apalagi saya kan kerjanya lebih sering di outdoor dibandingkan indoor. Nah secara otomatis kalau, misalnya outdoor, kulit jadi terpapar sinar matahari. Sayuran dan ikan itu sangat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Tentu kalau dari luar, ada perawatan lainnya juga,?jelasnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment