Tuesday, July 22, 2014

Kelamaan Duduk di Kantor Sebabkan Tubuh Bungkuk?

Kelamaan Duduk di Kantor Sebabkan Tubuh Bungkuk?AKTIF bergerak sangat penting bagi kesehatan, tak terkecuali saat di kantor. Namun sayangnya, sebagian besar waktu kita dihabiskan dengan duduk seharian di kantor.

Kondisi tersebut tentu membuat seseorang berada pada risiko terhadap beberapa kondisi penyakit karena kurang bergerak. Bahkan, menurut Senior Physiotherapist at London Bridge Hospital, Lucie Noble, terlalu lama duduk di kantor dapat memengaruhi bentuk postur tubuh Anda.

?Terlalu lama duduk akan memberikan tekanan di sekitar tulang belakang, dan itu sangat buruk bagi postur tubuh Anda," katanya, sebagaimana dikutip Femalefirst, Selasa (22/7/2014).

Lucie Nobie menjelaskan bila duduk untuk jangka waktu lama akan memengaruhi otot-otot sendi. Karenanya, otot-otot pinggul akan lebih tegang hingga berisiko menimbulkan cedera saat berolahraga. (Baca: Duduk Sila Kaki Sering Kesemutan, Mengapa?)

Sementara, banyak yang mengatakan bahwa beberapa orang mempunyai beberapa posisi sempurna agar tidak mengganggu postur tubuh. Namun, menurut Lucie, jika duduk dalam satu posisi yang dianggap sempurna, tetapi tetap dalam jangka waktu yang lama, Anda akan tetap merasakan masalah yang sama.

?Lebih baik Anda tetap bergerak untuk beberapa waktu saat duduk, misalnya bergeser ke depan atau samping dibanding hanya duduk diam sehingga mencegah perubahan postur tubuh yang cenderung membungkuk,? jelasnya.

Meski begitu, Luci tetap menyarankan jika beranjak dari kursi lebih baik dibanding mengubah-ubah posisi duduk. Tujuannya, tentu untuk menjaga postur tubuh. (Baca: Duduk Sila Kaki Sering Kesemutan, Mengapa?)

?Kita duduk dengan posisi yang tegak agar postur tubuh tetap baik, namun akhirnya tidak nyaman dan pegal, sehingga memperoleh waktu istirahat dengan beranjak dari kursi Anda memang masih jauh lebih penting, terutama demi mengurangi masalah kardiovaskular,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment