Wednesday, July 2, 2014

Puasa Bebas Bau Mulut, Begini Caranya

Puasa Bebas Bau Mulut, Begini CaranyaSALAH satu masalah yang sering dijumpai ketika bulan puasa adalah bau mulut. Lalu, bagaimana cara mencegah bau mulut ketika bulan puasa?

Menurut drg. Edwin Zakaria dari Klinik Prodentist Dental Care, bau mulut bisa timbul karena adanya masalah di sistem pencernaan akibat tidak makan dan minum seharian. Sebagai pencegahan, dianjurkan tidak cukup menyikat gigi saja tapi juga lidah.

?Jadi, setelah menyikat gigi langsung juga menyikat lidah. Tetapi, kalau untuk awal-awal menyikat lidah, kebanyakan orang reflek ingin muntahnya agak tinggi,? ucapnya kepada Okezone di Klinik Hario di MNC Plaza, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (2/7/2014).

Meski begitu, tidak dipungkiri jika saat menyikat lidah, timbul efek ingin muntah. Untuk hal ini, cara yang paling mudah dalam mengatasinya adalah sambil melihat kaca.

?Jadi ketika melakukan sikat lidah itu kita sambil mengaca, dan kalau bisa dari dimulai ujung lidah terlebih dahulu. Karena jika menyikat lidah semakin ke dalam, maka reflek ingin muntahnya semakin besar sehingga juga harus perlahan-lahan,? jelasnya

Lebih lanjut, untuk menyikat lidah sebenarnya tidak diperlukan pasta gigi tapi cukup alat sikat. Biasanya, imbuh drg. Edwin ada alat khusus yang bisa digunakan yakni tongue scraper.

?Untuk menyikat lidah sebetulnya ada yang lebih khusus, yaitu tongue scraper. Tetapi, ada juga yang sudah satu paket dengan sikat gigi biasa. Jadi, di salah satu bagian ujungnya ada yang untuk menyikat gigi, tetapi di bagian ujung belakangnya ada yang seperti berbentukk gerigi untuk menyikat lidah,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment