Wednesday, July 2, 2014

Manfaat Kesehatan Jalani Puasa Ramadan (2)

Manfaat Kesehatan Jalani Puasa Ramadan (2)SIAPA bilang puasa hanya akan membuat tubuh lemas dan produktivitas menurun. Nyatanya, puasa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
 
Banyak orang berpandangan bahwa puasa bisa membantu menurunkan berat badan dan membuang racun dalam tubuh. Padahal, manfaat kesehatan menjalani puasa Ramadan tidak hanya itu. Berikut ulasan menarik sebagaimana dilansir Kashmirmonitor


Puasa memperbaiki tekanan darah
 
Puasa merupakan salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah. Kondisi ini membantu untuk mengurangi risiko aterosklerosis (penyumbatan di arteri karena lemak). Itu karena puasa akan memecah glukosa, dan saat glukosa habis tubuh akan menggunakan lemak untuk menghasilkan energi. Alhasil, tingkat metabolisme tubuh pun berkurang selama puasa. Kemudian, hormon adrenalin dan non-adrenalin juga berkurang. Hal itu pun akan membuat metabolisme tubuh terus dalam batas stabil. Dan manfaatnya adalah penurunan tekanan darah. (Baca: Usia Menikah Berpengaruh pada Kualitas Keluarga)


Puasa menurunkan  berat badan
 
Puasa bisa mempromosikan penurunan berat badan yang cepat. Sebab, puasa bisa mengurangi lemak dalam tubuh. Namun demikian, puasa bukanlah strategi penurunan berat badan yang baik. Sementara langkah yang baik ialah mengurangi mengonsumsi asupan lemak dan gula, dan meningkatkan mengonsumsi buah-buahan dan berolahraga. (Baca: Bolehkah Setelah Sahur Langsung Tidur)




Puasa membuat pola makan jadi lebih sehat
 
Sudah diamati bahwa puasa mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan olahan. Disisi lain, kondisi ini akan mendorong keinginan untuk makanan alami, terutama air dan buah-buahan. Dan ini disadari atau tidak sebenarnya salah satu cara puasa bisa mempromosikan gaya hidup sehat. (Bersambung)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment